Archive for ‘Kehidupanku dan kalian’

January 20, 2012

ATLS kemaren…..

by casualH.R.R.

ATLS…Yay…..
Tiga hari, sungguh melelahkan mengikuti ATLS dalam keadaan hamil 5 bulan, tapi untungnya emang ga sengeri yang dibayangkan, aku pikir tutor-tutirnya bakal nyengit ga ketulungan dan baru ngrliatnya aja dah bikin stres. Untungnya mereka santai and enjoy2 semua, Cuma ada sih yang pas ujian jadi bertransformasi jadi “Gggrrrr” hehehe. Tapi overall, emang berguna banget ngikutin tuh pelatian, jadi menambah kepercayaan diri dalam menangani pasien trauma.
Aku uda baca di blog temen temen yang laennya soal ATLS dan kebanyakan sama sih, maksudnya ngomongnya soal biayanya yang mahal, capeknya, dan ujian-ujiannya. Jadi aku mo ngomong dikit aja kali ya disini, yah dikit dikit info yang mudah2an berguna gitulah. Sebenarnya ga penting ya lulus apa ga ATLSnya, karna nanti juga dikasi kesempatan lagi buat mengikuti pelatian diperiode depan bagi yang ga lulus, tapi emang sih, jadi malu hahaha, karena biasanya ma temen2 baru diperkenalkan mana2 orang2 yang ga lulus kemaren, tapi ada juga yang enggga sih. Asal kita muka badak aja kan, yang penting kan ntar didepan pasien ga salah, tapi insya Allah bisa lulus semua kok, karena kalopun ujian ga lulus ada renmedial lagi, tapi yang nilainya diatas 35. Kalo dibawah 35 ya langsung cek nama di periode depan.
Jadi hari pertama itu kita ngumpulin pretest yang 40 soal pilihan ganda dalam bahasa inggris sambil absen, terus masuk ruangan kelas, kemaren kami dibagi menjadi 2 kelas, tiap kelas rata2 ada 40 orang kali ya, kuliah pertama adalah initial assesment. Semua bahan kuliah sebaiknya udah dibaca dulu ya dirumah, soalnya disela sela penjelasan materi ada aja pembimbing yang tiba2 liat papan nama kita dan happ….kita dimakan mentah2 kalo ga bisa jawab pertanyaanya, paling sebel kalo uda tanya “almamater mana dek?” malu maluin khan?? Hehe, apalagi pas mlongo atau ngelamunin apa gitu…..contohnya aja pas ada tutor yang menjelaskan soal trauma pada wanita hamil, tentang his yang kenceng kalo pasiennya trauma, dia tanya, siapa diantara kalian disini yang udah hamil?? Spontan dunk aku angkat tangan, trus dia nanya : gmana rasanya kalo mau melahirkan, kenceng pasti kan? Itu yg juga dirasakan pas wanita hamil trauma, uda pernah kan?” eh karena aku ngelamun dengan begonya keceplosan “belum nikah dok!!” Haaaaa???? Spontan semua orang ketawa. Maksud hati mau bilang belum pernah ngelahirin geto, eh malah ngomongnya belom nikah, malu dah>_<
Pas hari pertama bab initial assesment itu tutor akan memperlihatkan kita simulasi saat kita sedang ada di ugd, simulasi sebagai dokter yang belom ikut ATLS sama yang udah pernah ikut. Eh kok perannya top banget ya, pasiennya juga teriak2, ada yang berperan sebagai keluarga pasien juga yang panik dan marah marah, dan perat dokter pra ikut ATLS juga mantap, sama kayak kita2 di ugd yang belepotan urus pasiennya, sibuk njait dan njait tapi ga tau apa yang paling prioritas, yang paling menggelikan pas disitu ceritanya pasiennya datang dalam keadaan luka dikepala, wajah, toraks sama panggul, yah dari luar sih Cuma beret beret aja, bisa ngomong dan mengeluh adu sakit dok sakit dok, trus dokternya bilang waaah ada luka di kepala!! Di dada juga, (lupa ga pake proteksi diri yang lengkap, Cuma handscoen aja) trus ga ngapa ngapain, Cuma suruh pasang oksigen dan injek analgetik, sibuk nanya sama keluarga pasien gmana kejadiannya, padahal pasiennya uda mo abis napasnya, eh, tiba2 pasiennya uda ga ngomong, diam gitu alias ga sadar, trus keluarganya tanya, dok gimana ini dok kok jadi diam?? Apa jawab dokternya, “ ooo, setidaknya sekarang udah agak tenang” (asli lucu abis wkwkwk)….”sekarang pindah aja di icu, udah tenang kok”…..(haha, ini juga bikin ngakak). Setelah disimulasikan kayak gitu kita jadi mikir2, iya ya, slama ini kita emang goblok tapi ga nyadar ma gobloknya. Habis itu dokter kembali menyimulasikan dokter di ugd setelah ikut ATLS, mantap, tentunya dengan urutan ABCDE nya, dan sikap yang lebih lege artis tentu (ga usah dijelasin disini ya, mo panjang soalnya hehe)
Setelah beberapa materi disampaikan, jam 9 ada break, dilanjutkan materi lagi lalu jam 12 siang makan siang ma solat, abis itu materi lagi dan jam 3 atau 4 an gitu ada break lagi tapi waktu buat solat sempit banget, terus materi (biasa diisi clinical skill, ada yang dapet giliran sama boneka dan ada kelompok yg ma kambing, tapi semuanya dapet giliran kok, satu kambing buat 4 orang) sampe jam 8 sore, hari pertama semua wajib ikut dinner course, makan malam gitu lah, tapi ga lama kok karena kemaren Cuma makan aja langsung pulang, sekitar jam setengah 7 malem bisa pulang.
Hari kedua ya sama aja ma hari pertama, materi dan clinical skill, aku ada sih jadwalnya, males mbahasnya disini, toh kan kita dianggap uda belajar semua materi di buku ATLS itu kan, eitss…….:)
Tapi emang bener, uda ga ada waktu lagi buat belajar, pulang udah capeknya minta ampun, besoknya uda mo ujian, bener bener harus belajar dulu sebelum ngikut pelatihan ya guys…..
Hari ketiga, yang paling mendebarkan, pagi ujian tulis, siang ujian skill. Tapi pengumuman lulus engganya yang ujian tulis itu diumumkan habis ujian skill dan makan siang. Pas ujian skill tiap kelompok sama satu penguji (satu kelompokku kemaren ada 4 orang), satu ruangan dan ga langsung masuk sekaligus tapi satu2, kalo dari awal uda salah ya keluar dulu bisanya, diganti ma peserta lain (disuruh belajar diluar). Pas ujian kita emang harus siap dengan urutan urutan initial assesment, jangan lupa buat proteksi diri sesudah alat2 disiapkan dan sebelum pegang pasien, soalnya kemaren ada yang dapet teriakan keluar kamu!! Setelah dia lupa ga proteksi diri, langsung ke airway. Trus jangan lupa kuasai skill kayak pasang chest tube, krikotiroidotomi, dan lain2. Kemaren tu aku dapet pasien ujiannya tu pasien luka tembak di leher, dada, dengan penurunan kesadaran dan syok. Tiap kelompok pasiennya beda2. Ujian tulisnya kemaren tuh dari satu kelas yang lulus dengan nilai 80 an Cuma 7 orang, laennya mungkin yg masih nyerempet2 ato nyangkut ga lulus deh, tapi ada kok remedial, soalnya 40 juga, bahasa inggris juga, tapi beda, disitu boleh openbook (tapi kelamaan, waktu Cuma satu jam, kecuali yg uda spesialis ngerpek mungkin itu sangat membantu), ujung ujungnya lulus semua kok ujian tulisnya…..
Akhirnya dibagikan juga sertifikat ATLSnya, ujian praktikumku lumayan lancar, Cuma aku ikut remedial satu kali di ujian tulis, ga masalah, banyak temen haha…..yang penting uda banyak ilmu yang udah didapet disini, ga nyesel deh ikutan, sebanding ma harganya yang mahal (asal sebelum ikut habisin dulu semua buku ATLS itu okey), sertifikatnya itu bertaraf international loh.

Advertisements
March 24, 2011

Happy Birthday Kak Krisma Sayang…

by casualH.R.R.

Mau nulis sesuatu tapi uda ngantuk banget….met ultah buat suamiku tercinta…kasian dianya lagi ga enak badan…..jangan sampe sakit ya…semua doaku uda aku ucapkan dalam hati…moga2 tercapai semua yang kita berdua butuhkan dan inginkan…..amin

March 24, 2011

22.00 pm

by casualH.R.R.

I was not accepted into temporary employees for the first time, sad indeed, but I’m still trying to strong and doing well. it’s just, I do not dare think what would I do next. but, by looking at the face of my husband who was asleep gives me new courage that makes me believe that this all has been set by the god…..
Well god, please guided me forward, toward another plan, give me strength and courage. and thank you because I still can smile and read detective novels and comic 😆
and for my friends who have been accepted, hopefully you guys are always in a shelter of god…amiiinn….

March 18, 2011

Dicari ! Buronan yang lama melarikan diri

by casualH.R.R.

sodara2 seperjuangan setanah air !!!
telah lama orang ini tidak terlihat muncul dalam situsnya, bila anda menemui dan mengenali sosok wajah di bawah ini, harap dilaporkan di KAPOLRESBLOG terdekat untuk diminta kembali menulis posting postingnya, hati2….waspadalah….waspadalah……

March 18, 2011

Mesin Air Rusak…..Ya sudaalaa…..

by casualH.R.R.

capeknya naik tangga 5 lantai….tiap hari gini bisa sehat lah jantung awak, hai hai…..muncul lagi depan kalian semua setelah hampir setaun kurang ga ziarah nulis…..akhirnya jari2 ini mau diajak kompromi buat nulis setelah ada secercah cahaya semangat dari temen blogger Grace dan Seiri………ajiiib…:D

Nah, di sini lagi mati air, kemaren mati lampu karna sekringnya putus, tapi tetep aja eksis hehehe….yang penting ada tempat buat p*p*s dan **k itu ga jadi masalah….tetep lanjut aktifitas baca komik nya, uda sampai volume 7 nih…..nanggung ditinggal gitu aja…sebenarnya komik ini uda pernah kubaca, tebak apa, kalian juga pasti da tau semua, komik detektif yg pernah tayang di indo**ar, yup Detective Conan…..

…setelah minggu lalu parno masuk kamar kecil gara2 nonton Black Swan, bayangin….masak setelah nonton tu film aku juga ga sadar nggaruk2 pas tidur malem sampe luka, bedanya kalo Nina (tokoh utama film Black Swan) nggaruk punggung, aku nggaruk kelek (alias ketiak) 😀 butuh waktu 4 hari buat sembuh dari gatal dan selama 4 hari pula kalo tidur harus mengangkat kelek biar ga sakit karna kegesek…..dan of couse suamiku anggap itu sebagai pose yang menggoda wkwkwk 😆

TerRus ga sampe gitu aja, saking ngedalamin film yg kutonton aku juga jadi korban atas film The King Speech, gara gara liat peran utamanya yang gagap depan orang asing aku juga keterusan gagap, cuma bedanya gagapnya bukan karna mekanik, tapi karna sariawan (wkwkwk jaka sembung) dan bukan cuma gusi n bibir tapi juga lidah jadi susah dibajak ngomong, boro2 buat buka mulut aja uda payah, jadi kelu deh, mungkin krn telat minum susu *walah*…….

hehehhe…..serem ya, asal ga kayak gini aja :

read more »

March 17, 2011

Lama ga nyentuh blog, Welcome back!

by casualH.R.R.

lama banget nih ga nyentuh blog, prasaan ada beberapa blog asuhanku yg juga ga tau gimana nasipnya, alamat dan paswod da lupa *keBangetaaann….*:D

ga sadar kalo umur ini da tua, uda 25 tahun, dan….belum punya karya apa2, serasa baru dilahirkan ke dalam dunia ini sebagai bayi yang masih polos dan miskin pengalaman…#sigh…..#

dan….teman2 dah pada nikah, satu2 dari mereka dah meninggalkan masa lajang…..bentar lagi punya anak, cucu….cicit….ga lama lagi…..aku juga kalo temen2 belum pada tau, juga UDA NIKAH:’D (alhamdulillah….dapet jodoh wkwkwk)

itu dulu deh…secara besok da mau ngirim berkas buat ptt pusat….agak pesimis juga sih mo keterima ato enggak….yg penting semua berangkat dari niat, pengen nyari pengalaman…..

batere da lobet, sekian dulu yah. wassalam

October 29, 2010

Besok

by casualH.R.R.

Saat sisi hitam yang sedang mendominasi maka rasa menyesal itu begitu mudahnya keluar secara eksesif, eksplosif, saat inibegitu meluap luap perasaan benci ini, benci terhadap diri sendiri, kadang juga, maaf, keaadan yang sekarang ini…..yah, bisa dibilang memang sedang kehabisan bensin, bensin yang bernama rasa syukur.
Sangat tak menyenangkan bertahan dalam diam, lebih menyiksa dibanding menahan rasa dalam ketidaknyamanan dan kegelisahan, dan alam bawah sadar ini mengatakan, sangat merindukan masa masa itu….
meledak ledak, eksplosif, rontaan hati semakin berkecamuk bagai api yang terkepung dalam ruang gelap dan rapat, tak ada udara, menjadikannya mati dengan sangat sia sia.
maaf Tuhan, untuk kesekian kalinya hamba bertanya, sampai kapan?

Explosive- Bond

October 28, 2010

Nemuin ini….

by casualH.R.R.

iseng iseng aku nge search namaku di google, eh tiba2 mataku tertuju sama link yang rada aneh gitu, hehehe, malu sih iya, tapi ga brenti2 senyum deh abis itu….ada penggemar rahasia ternyata hahahhaaa…..(>_<)

ternyata ada juga yang diam2 menarik hatiku hehhe….kata2nya lucu, simpel dan katro gt, tapi tentrem deh mbacanya, biar cuma satu kalimat….ga papa deh, ada namaku disitu itu yang penting ;D

October 28, 2010

Ms. Casual

by casualH.R.R.

Ms. Casual in action^_^

October 28, 2010

Lebur

by casualH.R.R.

menikmati hembusan angin di padang rumput nan hijau dengan wewangian dedaunan dan bunga….kurentangkan kedua tanganku selebar2nya menyambut datangnya sinar matahari sambil menutup mata, menyanyikan senandung melodi untuk alam dengan semerdu merdunya…..sehingga ku telah menyatu denganmu, damai dipagiku……