Archive for ‘Berita’

August 21, 2012

PPOK

by casualH.R.R.

Perubahan patologi yang terjadi pada PPOK ( Penyakit Paru Obstruktif Kronik ) diantaranya adalah :

1. Hiperskresi Mukus

2. Disungsi Silia

3. Terbatasnya Aliran Udara dan Hiperinflasi

4. Pertukaran Udara Yang Abnormal

5. Hipertensi Pulmonal dan Efek Sistemik

Tiga faktor penting yang berpegaruh terhadap output motorik sistem pernapasan adalah :

1. Kemoreseptor

2. Mekanoreseptor

3. Faktor Kortikal

 

Advertisements
August 20, 2012

Snake Bite

by casualH.R.R.

Diagnosis :

Keracunan sistemik

  1. Kelainan hemostatik seperti : perdarahan sistemik spontan (klinis), koagulopati atau trombositopenia (laboratoris).
  2. Tanda neurotoksik : ptosis, opthalmoplegia eksternal, paralisis, dll.
  3. Kelainan kardiovaskular : hipotensi, syok, aritmia kordis (klinis), kelainan EKG.
  4. Gagal ginjal : oliguria/anuria (klinis), peningkatan ureum / kreatinin dalam darah (laboratoris).
  5. Hemoglobin/mioglobin-uria : dark brown urine (klinis), urin dipstik, bukti lain adanya hemolisis intravaskular atau generalised rhabdomyolisis (nyeri otot, hiperkalemia)

Keracunan lokal

  1. Bengkak pada lebih dari separuh anggota tubuh yang digigit ular dalam waktu 48 jam setelah digigit (tanpa dipasang torniket). Bengkak setelah gigitan pada jari.
  2. Bengkak yang terjadi dengan cepat (contohnya : bengkak sudah melampaui pergelangan tangan atau kaki dalam beberapa jam setelah digigit ular pada tangan atau kaki).
  3. Adanya pembesaran limphonodi disekitar anggota tubuh yang digigit ular.

Terapi :

  1. SABU (kemasan vial 5 ml)à diberikan secepatnya bila ada tanda sistemik/lokal. Anti bisa ular akan menetralkan efek bisa ular walaupun gigitan ular sudah terjadi beberapa hari atau pada kasus kelainan hemostatik, anti bisa ular masih dapat diberikan walaupun sudah terjadi lebih dari 2 minggu. Ingat rx hipersensitifitas dlm 5 hari krn mengandung antigen (KIE)
    1. a.      Anafilaksis :

                                                              i.      Epineprin (adrenalin) IM (lateral paha atas) à dosis awal 0,5mg (dewasa) dan 0,01mg/kgBB (anak). Adrenalin harus segera diberikan setelah muncul gejala, dapat diulang setiap 5-10 menit jika kondisi tidak membaik.

  1. Luka dicuci untuk menghilangkan bisa ular yang belum teradsorpsi.
  2. Insisi atau eksisi luka tidak dianjurkan, kecuali apabila gigitan ular baru terjadi beberapa menit sebelumnya. (Insisi luka yang dilakukan dalam keadaan tergesa-gesa atau dilakukan  oleh orang yang tidak berpengalaman, justru sering merusak jaringan di bawah kulit dan akan meninggalkan parut luka yang cukup besar).
  3. Anggota badan yang digigit secepatnya diikat à Hambat penyebaran racun.
  4. Imobilisasi anggota badan yang digigit dengan cara memasang bidai à Gerakan otot dapat mempercepat penyebaran racun.
  5. Bila mungkin anggota badan yang digigit didinginkan dengan es batu.
  6. Penderita dilarang bergerak dan apabila perlu dapat diberi analgetika atau sedativa.
April 4, 2011

Setelah Selly dan Inong, kini ada Icha….

by casualH.R.R.

uda marak ya penipuan dengan berkedok cewek cakep, entah knapa banyak kaum adam yang langsung buta mata kalo dekat ma cewek cantik,hehehe, trus kebanyakan mereka selalu terburu2 dan milih yang instan2 sampe lupa ga mengolahnya, kayak makanan aja diolah. akhir2 ini aku ngabisin waktuku baca berita online, uda banyak cerita tentang ketiganya yg ga perlu lagi kujelasin. aku langsung kaget setelah ngeliat foto2 Icha di web, emang ga ketauan kalo dia cowok, apalagi kalo liat fb nya (kalo mau add fb Icha klik sini), caranya dia ngomong saat ngapdet statusnya. centil centil gtu kayak abg. tapi terkecuali pas di foto2 acara nikahannya itu baru agak keliatan kalo gesturnya kecowok2an. bahunya emang tegap, thats why selama ini mungkin sengaja dia meng crop foto2 untuk memotong area bahu krn keliatan banget itu bahu cowok. mungkin sedikit tips sedikit ilmu yang aku dapet di forensik, cowok ma cewek itu bisa dibedakan dari tulang dahi

read more »

April 3, 2011

Google Memperingati Ulang Tahun “Ice Cream Sundae”

by casualH.R.R.

Sundae adalah es krim untuk hidangan penutup . Biasanya terdiri dari satu sendok es krim dan diatasnya ada saus atau sirup, dapat juga ditaruh topping lain termasuk kacang cincang, taburan, kocok ceri krim atau cheri.

Klasik Sundae
Awalnya inilah sundae yang asli. Dimana terdapat es krim Vanilla atasnya dengan saus atau sirup, whipped cream, dan cherry cheri. Sundae ini biasanya dinamakan sesuai dengan sirupnya : Cherry Sundae, Sundae Chocolate, Strawberry Sundae, dll

Sundae Klasik

Hot Fudge Sundae
Hot Fudge Sundae klasik merupakan variasi dari Sundae klasik es krim vanila diselimuti dengan saus cokelat panas (karena itu maka disebut “hot fudge”), krim kocok, kacang dan ceri merah di atasnya. Ada juga varian lain yakni Sundae Caramel yang juga sama kecuali menggunakan saus karamel panas menggantikan hot fudge. Kadang-kadang selai kacang atau produk lain dapat juga menggantikan hot fudge.

read more »

March 24, 2011

Happy Birthday Kak Krisma Sayang…

by casualH.R.R.

Mau nulis sesuatu tapi uda ngantuk banget….met ultah buat suamiku tercinta…kasian dianya lagi ga enak badan…..jangan sampe sakit ya…semua doaku uda aku ucapkan dalam hati…moga2 tercapai semua yang kita berdua butuhkan dan inginkan…..amin

March 24, 2011

Lagu Barunya Syahrini….

by casualH.R.R.

Bagi yang rajin ngikutin gosip perkembangan jurnalistik keartisan pasti uda tau siapa dan semua yang berhubungan dengan artis cantik satu ini, sekaligus mungkin bisa mencerna makna lagunya tersebut di atas…..sempet menarik perhatianku saat ia menyanyikannya di acara musik di tv, jujur waktu itu pikiranku langsung mengarah ke anang….hehehe…yaa….bener ga bener kan bisa aja dong kita berpendapat, yaa…gitulah….kadang aku juga berpikir kalo ga semestinya orang itu bermain2 dengan perasaan orang, karna aku juga pernah ngerasain itu dengan seseorang yang mungkin ngerasa dia paling sempurna sedunia, tapi alhamdulillah….setelah Tuhan tau kalo dia sama sekali ga cocok buat aku sehingga Dia menggantinya dengan seseorang lagi yang jauh lebih waw, brrr, shew, grrr, hehehhe……
so, buat syahrini, kalo betulan emang itu maksudnya, sabar aja ya….. nih, lirik lagunya, cekidot:

Cinta tak pernah sesakit ini
Cinta tak pernah seperih ini
Yang aku minta tulus hatimu
Bukan kau curangi aku

read more »

October 27, 2010

Mbah Maridjan

by casualH.R.R.

Duka kami untuk warga Sleman
untuk jogjakarta
untuk Indonesia….
dan, untuk Mbah Maridjan
Sang guru kunci pemberani dan amanah
Kenangan bersamamu merupakan sekaligus pelajaran bagi kami
Selamat Tinggal Mbah….

October 27, 2010

Indonesia Kembali Berduka (Tsunami Mentawai & Merapi Meletus)

by casualH.R.R.

Indonesia kembali mendapat ujian, setelah sebelumnya bencana di Wasior, kini secara hampir bersamaan, kita kembali ditimpa beberapa musibah, Tsunami di Mentawai dan Gunung Merapi meletus, dua kejadian tersebut bukanlah yang pertama untuk kita, Tsunami sebelumnya juga telah menjadi pusat perhatian dunia saat 26 Desember 2004 di Aceh,pada daerah Sumatera Barat tepatnya di Padang, juga pernah terjadi gempa bumi yang dahsyat dan memakan banyak korban. sebelumnya merapi meletus pada tanggal 8 juni 2006, dan kejadian tersebut terulang kembali, dan tentunya, kembali memakan korban jiwa, Innalillahi wa innaa ilaihi raaji’uun……

TSUNAMI MENTAWAI, SUMATERA BARAT

nasional.inilah.com


news.okezone.com

nasional.inilah.com

Sebelumnya, Menyusul gempa di mentawai, BMKG mengeluarkan peringatan soal potensi terjadinya tsunami. Tetapi, berselang dua jam setelah gempa atau sekitar pukul 22.45, BMKG mencabut peringatan tersebut. namun sayangnya keputusan itu keliru, dua jam setelah gempa mengguncang Senin malam 25 Oktober , gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) yang mengguncang kawasan pantai Sumbar benar-benar memicu tsunami. Gelombang laut setinggi enam meter menyapu wilayah Pagai Utara dan Pagai Selatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sedikitnya 40 warga Pagai Utara dan Selatan ditemukan tewas. Bahkan, laporan terbaru malam tadi menyebutkan, korban tewas akibat tsunami di Mentawai 122 orang. Selain itu, ratusan orang dilaporkan hilang.(fajar metro news)

MERAPI MELETUS

pada pukul 17.02 WIB tanggal 26 oktober 2010. Gunung Merapi meletus ditandai dengan turunnya lava beserta awan panas dari puncak Gunung Merapi. Korban tewas ada 15 orang, termasuk dari wartawan vivanewsdisebabkan awan panas yang menyembur, semburan awan panas ini juga disebut wedhus gembel, suhunya sekitar 500 derajat celsius.Letusan Gunung Merapi ini memakan korban yang lebih banyak dibanding dengan Gunung Merapi meletus pada tahun 2006 lalu.
Sang juru kunci Gunung Merapi Ki Surakso Hargo atau Mbah Maridjan menjadi korban dan ikut tewas akibat semburan awan panas letusan Gunung Merapi, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (26/10) sore. Sosok pemeran iklan minuman itu ditemukan di dalam rumahnya dengan posisi bersujud dan tubuhnya diselimuti abu. Mbah Maridjan, Abdi dalem Keraton Yogyakarta bergelar Raden Ngabehi Surakso Hargo itu sudah menjaga Gunung Merapi sejak tahun 1970-an itu meninggalkan seorang istri (Ponirah) dan 10 orang anak (5 di antaranya sudah meninggal).

October 23, 2010

Pengen Punya Blog Lagiii….

by casualH.R.R.

wuih kretipeti…..ini aja ga segitu jalan low mau nyoba bikin new one lagi, mau ngrawatnyah??? hihihi….gini miss, aku tuh mau nyoba bikin blog yang orang lain kagak bisa liat, bukan blog siluman loyah ehehehhe….kayak pesawat aja siluman, ini buat media belajar aja, secara yang ini orang uda banyak tau..hmmm…tepatnya temen-temen:lol:

Trus tema blognya apa…ya belum tau, tapi isinya tentang kebebasan sebeas bebasnya tanpa orang lain baca…eh, bukan berbau porno lo ya…ya kali aja ntar tambah pinter gitu…ngarep….:mrgreen:

betewe, lupa mau ngapain, tadi tuh aku mau ngisi kode2 nya emotikon, biar lebih idup lah…scara mental amatir kek gini susah banget bisa nyiptain blog yang bermutu…buatnya aja masih setengah stengah…..jadi ngir ma teman teman lain yang jauh lebih maju blognyaa hikz hikz hikz….bukan aja penampilannya tapi isinya juga, beda ma mbak kesuel ini, cuma suka ngias hehehe:lol:

okeh, aku isi disini aja deh kodenya, lumayan biar ga kebingungan nyari nyari lagi di mbah google (baca : mbah Guk)…..:D

udah dulu ya…puas2in deh nyoba, mbak kesuel mau blajar nggitar dulu (gayane jek) 😀

October 7, 2010

Simpatiku untuk Wasior

by casualH.R.R.

pas aku lagi nge fesbuk dan asik liat status apdetannya temen-temen, tiba2 aku terkejut ngelihat status temenku (tepatnya kakak kelasku) yang berada di Wasior ngejalanin tugas mulianya, PTT. disitu ditulis rasa ketakutan dan pasrah sama Tuhan atas musibah yang baru baru ini kita lihat banyak berita di tifi nayangin, ya, banjir bandang di wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. agak merinding aku liat video amatir yang ditayangin itu, banjirnya sampai setinggi atap, deras banget dan saking derasnya hingga rumah-rumah ikut terbawa arus. abis itu kayu kayu juga ikut ngalir dibawa ma banjir dengan sangat cepatnya, ga bisa aku bayangin kalo orang yang terseret arus tersebut.

ga tanggung-tanggung, terakhir berita yang aku liat ada 91 orang tewas dan sekitar 200 orang luka-luka dan 60 an yang belum ditemukan. kata orang-orang yang selamat dan berhasil dievakuasi di kota Manukwari dan Nabire, banjir datang dan kejadiannya masih pagi sekali. Warga juga saat itu baru memulai aktivitasnya, sehingga semua terlihat panik saat banjir bandang datang. untuk itu, yuk kita doain agar mereka yang hilang dapat segera ditemukan dan korban tidak bertambah lagi. untuk membantu korban, bapak presiden ngirim bantuan ke situ, sayangnya jalur darat ga bisa sama sekali dipake, wasior lumpuh total, jadi hanya bisa lewat jalur laut ma udara, moga2 aja lancar deh proses pengiriman bantuannya, bapak presiden ngasi 2 milyar buat ngebantu korban bencana, ada juga lo dokter2 dikirim kalo ga salah sebanyak 7 orang ….Kalo aja aku bisa kesana 😦
Hingga saat ini petugas masih terus melakukan pencarian korban secara intensif, pencarian memang sedikit terkendala karena peralatan yang masih minim. Air bersih, makanan, obat sangat dibutuhkan, salurkan bantuan anda untuk korban wasior….minimal dengan doa…..