Bedah Saraf-Introduction

by casualH.R.R.

Pemeriksaan Bedah Saraf

pemeriksaan neurologi–> anamnesis –> keluhan, RPD,RPS, Riw penyakit keluarga. perhatikan sikap dan tingkah laku si penderita selama wawancara.

keluhan diperinci : ex : Sakit kepala, bagaimana sakitnya? lokalisasi sakitnya? penjalarannya?

Sakit kepala di sekitar os.mastoid –> Tumor serebelum atau tumor serebelopontin.

tumor2, abses, tuberkuloma yang mengenai meningea juga kadang2 menyebabkan rasa sakit kepala pada lokasi tertentu. anak anak yang menderita Neduloblastoma pada Tonsila Serebeli atau Tumor Ventrikel IV sering mengalami sakit kepala hebat disertai muntah proyektil (biasanya tanpa rasa mual), hal ini disebabkan karena adanya rangsangan akibat penekanan pada pusat muntah yang letaknya disekitar (sistima) Rektikularis dan Nukleus di Medula Oblongata.

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan Neurologis–> Keadaan umum –> fisik penderita –> pemeriksaan saraf-saraf otak, sistem motorik, sistem sensorik, analisis bagian-bagian yang sakit sakit dari saraf otak tersebut, batang otak (brain stem), serebelum, medula spinalis, dan saraf-saraf perifer.

Keadaan Umum —> amati bentuk badan, paras muka (kesakitan?), sikap, posisi duduk, posisi berdiri, gaya berjalan, kelumpuhan, gangguan gerakan lainnya, kesadaran, orientasi, dsb

Kulit

perubahan kulit pada kelainan neurologis, ex : Akromegali –> kulit kering dan kasar. sindroma Cushing –> Striae hiperpigmentasi pada kulit perut dan pantat. Hiperaktivasi saraf simpatis –> kulit basah dan berkeringat banyak, sebaliknya bila Hioaktivasi –> kulit menjadi kering. Van Recklinghausen —> Noduli dan naevi pada kulit. Sturge Weber —> Angioma pada kulit muka. Bourneville Pringle –> Adenoma sebaseum.

Rambut

Penyakit pd daerah pituitari –> perubahan pd rambut dan bulu bulu halus, rambut kepala menjadi lebat dan tebal, bulu ketiak menjadi sedikit dan jarang, perubahan pada rambut kemala. Penderita tumor otak dengan peninggian tekanan intrakranial yang lama juga menimbulkan perubahan2 tersebut karena hipopituitarisme.

Kepala

dalam memeriksa kepala, perhatikan bentuk dan ukurannya, ukuran fontanela (ubun-ubun), keadaan vena (dilatasi vena), benjolan pada kepala, cekungan kepala, pulsasi, dan perubahan abnormal lainnya.

Hidrosefalus pada anak –> ukuran lebih besar dari normal, Macewen Sign ( bila diketuk dengan jari, terdengar seperti kendi yang rengat –> cracket pot resonance)

Mikrosefalus –>kepala lebih kecil dari normal, pertumbuhan otaknya berkurang dari normal, disebabkan suturanya menutup terlalu cepat sehingga terjadi kraniostenosis.

benjolan2 di kepala –> tumor tulang tengkorak, meningioma, dsb

Auskultasi kepala –> aneurisma, malvormasi arterio-venosus, kadang2 terdengar bising atau bruits.

Leher

Bentuk leher abnormal –> leher pendek –> sindroma Klippel Feil, Impresi Basilar, dll

Leher yang kaku (Nuchal Rigidity) –> Meningitis, permulaan Parkinsonisme, Tumor, Impresi Basilar, dan Arnord Chiari Malformation.

Perabaan pada arteri karotis –> sumbatan yg disebabkan penyakit serebrovaskular atau tumor otak.

Perabaan kelenjar tiroid –> tumor tiroid, terutama pada kasus2 yang disangka terdaat tumor pada tengkorak akibat metastasis.

 

Pemeriksaan Fisik Lainnya

pemeriksaan anggota tubuh lainnya (apa ada infeksi, tumor, klainan tertentu) seperti pemeriksaan vertebrae, toraks, abdomen, jantung, pembuluh darah, paru paru (terutama pada usia > 40 tahun sering terjadi kasus tumor otak akibat metastasis dari paru paru).

Pemeriksaan anggota gerak –> penting tahu kebiasaan penderita, apa dia seorang left handed atau bukan, sehingga diketahui hemisfer serebri mana yang dominan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: