Pengobatan Osteoartritis, Kapan bisa tuntas??

by casualH.R.R.

seperti yang telah diketahui bahwa osteoartritis (OA) adalah suatu penyakit degeneratif dimana terjadi degenerasi tulang rawan sendi dimana yang secara normal permukaannya halus menjadi kasar dan membentuk osteofit (duri) sehingga bila kedua permukaan tulang bertemu dan bergesek dapat terjadi inflamasi dan menyebabkan perasaan nyeri, ngilu, kaku, panas, dan kadang membengkak. normalnya tulang rawan sendi terdiri atas beberapa komponen seperti : 95% air dan matriks ekstrasel, 5% sel kondrosit. semuanya itu berfungsi sebagai shock breaker atau penyangga sehingga saat sendi2 kita gerakkan tidak akan terasa sakit.
Osteoartritis (disebut juga osteartrosis) adalah penyakit degeneratif sehingga semakin lama akan semakin buruk sejalan dengan usia (biasanya menyerang usia2 emas).

Perbandingan tulang rawan sendi normal dan OA


pengobatan dari penyakit ini bertujuan untuk meringankan gejala, mengurangi proses inflamasi (heberden’s and borchards nodes) yang terjadi, memperbaiki struktur sendi, dan memperbaiki aktivitas fisik. selama ini untuk menghilangkan gejala dengan menggunakan obat AINS dan atau kortison untuk menekan rasa sakit dan peradangannya. ada juga dengan menggunakan suplemen visco, kondroitin atau glukosamin/glucosaminehydrochloride baik dalam bentuk gel atau intraartrikular untuk memberikan nutrisi pada tulang rawan sendi, baik glukosamin maupun kondroitin berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan menghambat kerusakan tulang rawan, namun peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine menyebutkan bahwa glukosamin tidak efektif untuk menangani OA, bisa juga dengan injeksi hyaluronic acid, yang lainnya berupa fisioterapi untuk memperbaiki kualitas hidup, dan pencegahan lain seperti mengurangi berat badan, olahraga dan mengurangi aktivitas yang dapat memperburuk penyakit seperti mengangkat beban berat. belum diketahui cara menangani penyakit ini sampai tuntas. Pada beberapa literatur telah ditemukan ekstrak tanaman Rosa canina yang dapat meredakan gejala-gejala osteoarthritis. Galaktolipid (GOPO) yang terkandung di dalam ekstrak Rosa canina terbukti menghambat migrasi sel darah putih ke dalam sendi, sehingga dapat mengurangi terjadinya proses peradangan dan kerusakan sendi. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukukan, penggunaan jangka panjang ekstrak Rosa canina terbukti mampu mengurangi keluhan nyeri dan memperbaiki kualitas hidup pasien OA. namun tanaman ini cuma kebanyakan ada di eropa dan sepertinya belum dipasarkan di negara kita.

rosa canina, harapan baru untuk terapi Osteoartritis


Sulit untuk menjawab pengobatan osteoartritis kapan bisa tuntas?? Karna dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut agar mimpi kita dapat terwujud untuk melewati masa masa tua dengan tenang dan tidak sakit sana sini, karena tidak semua penderita OA bisa menjalani terapi pergantian sendi, atau sel terapi dan stem sel karena terbentur biaya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: