Trombositopenia Yang tidak diketahui penyebabnya

by casualH.R.R.

Seorang pasien wanita datang ke ugd, disaat aku lagi enak2nya mau nabung di wc, berderinglah telepon di ruang jaga dan seorang perawat senior memberitahukan akan kedatangannya. setelah tiba di ugd, aku melihat sesosok wanita umur 45 an tahun berperawakan gemuk terbaring tak berdaya dikasur ugd. sudah dalam keadaan terpasang infus (perawatnya tanggap dan jago, hehe), dan sekilas aku ngeliatnya tu mukanya pucat, seperti menderita penyakit metabolik, dan benarlah, setelah kulihat lembar anamnesis di keluhan utama, penderita sedang menderita diabetes melitus dan KP (namun dia mengaku sudah menuntaskan pengobatan 9 bulan). oya, by the way, keluhan penderita ini adalah muntah yang terus menerus, sakit kepala hingga ingin ambruk, namun tidak ada pusing tujuh keliling atau perasaan seperti diatas kapal, ga ada telinga berdenging atau merasa tuli saat serangan, ga ada pandangan kabur, ga ada riwayat penurunan kesadaran. jadi keluhannya adalah muntah terus menerus, sakit kepala dan lemas. itu dirasakan sudah dari 2 hari yang lalu hingga suaminya memutuskan untuk membawa ibu ini ke rumahsakit. tanda vitalnya, nadi takikardi, tensi, respi normal, suhu agak hipotermi. kesadarannya masih bagus. cuma pada konjungtiva dia pucet, lain2 ga ada masalah. dan aku lupa ga nanya kencingnya. untuk itu dalam keadaan darurat obat yang masuk dulu ya ondansentron sama analgesik yang waktu itu aku mikirnya adalah tramadol. ditambah suntikan ranitidin iv. cek lab, darah lengkap, gula darah sewaktu, ureum kreatinin, sgot, pt, dan UL, namun sayangnya Na, K, Cl lagi ga ada. oke setelah beberapa menit ternyata hasil yang duluan keluar adalah GDS yang sebesar 300an. ada juga sih tadi gambaran ekg yang menurutku sih seperti ada gambaran hiperkalemia.
pasien langsung didorong ke ruangan dan aku melanjutkan terapiku diruangan (beda sama RS lain kan sistemnya). untuk gulanya aku tambahkan glimepirid 2 mg 1-1-0 (karna disini cuma ada metformin, dan insulin, metformin efeknya lemah dan lama sedangkan untuk insulin menurutku belum ada indikasi), ditambah neurosanbe injeksi, lalu betahistin 8 mg tablet untuk vasodilator pembuluh darah kepala. agak ribet juga karna pasien ini termasuk dalam asuransi perusahaan yang nama obatnya harus paten in list semua dan aku ga hapal terpaksa mendatangi sang apoteker langsung (knapa ya waktu itu ga kepikiran nelpon, huhh).
dan setelah menjelang maghrib gitu sang laborat memberitahukan hasil lab sementara yang jadi duluan (baik kan sang laboratnya….) dan ternyata eh ternyata, trombositnya cuma 70.000, justru Hb yang aku kira akan rendah kok ya malah normal (malah agak tinggi), leko dan eritnya normal. tuing tuing…….agak bingung seketika. pikiranku langsung mengarah ke trombositopenia et causa ureum hemolitik (karna DM bisa bikin insufisiensi ginjal), tapi ini juga meragukan karna kenapa hanya trombositnya saja, yang lain enggak. dan aku masih ragu dengan hasil Hb nya karna jelas2 dari konjungtivanya dia pucet.

One Comment to “Trombositopenia Yang tidak diketahui penyebabnya”

  1. trus gmna tu akirnya?dx nya apa?he.btw gak nge post lagi?blognya bagush,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: