Sedikit Tentang Pachelbel

by casualH.R.R.

Johann Pachelbel adalah seorang komponis Jerman Baroque, organis dan guru, membawa pengaruh dari Jerman Selatan. Penyusun musik sakral dan sekuler, nyanyian untuk paduan suara dan fuga dan di antara komponis yang paling penting dari era Baroque tengah.
musik yang dia ciptakan menjadi sangat populer, bahkan menjadi model bagi komponis Jerman selatan dan pusat. Saat ini, karya Pachelbel yang paling dikenal adalah Canon in D, walaupun aslinya kanon ini terbagi dalam tiga bagian, banyak yang telah meng arrange kembali dan ditulis untuk media yang berbeda. Selain kanon, karya-karyanya yang paling terkenal termasuk Chaconne dalam F minor, Toccata dalam E minor untuk organ, dan Apollinis Hexachordum, satu set variasi keyboard.

musik Pachelbel’s dipengaruhi oleh komponis Jerman selatan, seperti Johann Jakob Froberger dan Johann Kaspar Kerll, Italia seperti Girolamo Frescobaldi dan Alessandro Poglietti, komposer Perancis, dan komposer dari tradisi Nuremberg. Ia lebih suka musik yang “jelas”, tidak rumit, yang menekankan kejelasan melodis dan harmonis. Musiknya kurang virtuoso dan kurang berani bila dibandingkan dengan Dieterich Buxtehude, meskipun, seperti Buxtehude, Pachelbel banyak melakukan eksperimen dengan ansambel yang berbeda2 dan mengkombinasi instrumental dalam satu chamber , dan yang paling dia pentingkan adalah vokal musiknya yang sangat kaya fitur instrumentasi. Pachelbel menjelajahi banyak variasi bentuk dan teknik, yang disajikan dalam berbagai potongan, dari concerto sakral sampai dalam rangkaian piano kuno.
musik Pachelbel sempat kembali menemukan ketenaran ketika Funtwo memainkan Canon in D dengan gitar dan meng upload di Youtube dan telah dilihat sebanyak 84 ​​juta kali.

Gereja St Sebaldus (Nuremberg) memainkan peran penting dalam kehidupan Pachelbel’s.
Johann Pachelbel lahir dalam sebuah keluarga kelas menengah, ayahnya bernama Johann (Hans) Pachelbel bekerja sebagai dealer anggur, dan dari istrinya yang kedua Anna (Anne) Maria Mair.
Selama masa mudanya, Pachelbel menerima pelatihan musik dari Heinrich Schwemmer, seorang guru musisi dan musik yang kemudian menjadi penyanyi Gereja St Sebaldus (Sebalduskirche). Pachelbel saat muda telah menunjukkan kemampuan musik dan akademis yang luar biasa. Dia menerima pendidikan dasar di St Lorenz Hauptschule dan Aegediano Auditorio di Nuremberg, kemudian pada 29 Juni 1669 menjadi mahasiswa di Universitas Altdorf, di mana ia juga ditunjuk organis gereja St Lorenz pada tahun yang sama. kesulitan keuangan memaksa Pachelbel untuk meninggalkan universitas setelah kurang dari setahun. Dalam rangka menyelesaikan studi, ia mendapat beasiswa, pada tahun 1670, di Poeticum Gimnasium di Regensburg. Pihak sekolah sangat terkesan dengan kualifikasi akademik Pachelbel bahwa ia mengakui di atas kuota normal sekolah. Pachelbel juga diizinkan untuk belajar musik di luar Gymnasium. Gurunya adalah Kaspar (Caspar) Prentz,yang sangat dipengaruhi oleh komposer Italia seperti Giacomo Carissimi, kemungkinan melalui gurunya ini, Pachelbel mulai mengembangkan minat untuk musik Italia kontemporer.

Pada tahun 1673 Pachelbel tinggal di Wina, di mana ia telah menjadi Deputi organis di Stephen Saint Cathedral (Stephansdom) yang terkenal. Pada saat itu, Wina merupakan pusat kerajaan Habsburg luas dan memiliki banyak kebudayaan, dimana selera musik Italia. Beberapa komposer terkenal kosmopolitan bekerja di sana, banyak dari mereka memberikan kontribusi untuk pertukaran dengan musik Eropa. Pachelbel menghabiskan lima tahun di Wina, menyerap musik dari komponis Katolik dari Jerman dan Italia selatan. Dalam beberapa hal, Pachelbel mirip dengan Haydn, yang juga menjabat sebagai musisi profesional Stephansdom di masa mudanya dan mendapatkan pengaruh dari komponis2 terkemuka waktu itu.
Pada 1677, Pachelbel pindah ke Eisenach, bekerja sebagai organis pengadilan di bawah dirigen Daniel Eberlin (juga yang berasal dari Nuremberg), dia bertemu anggota keluarga Bach di Eisenach (kota ayah JS Bach)
Keluarga Bach (semua organists dalam keluarga tersebut disebut “Bachs”), dengan merekalah Pachelbel menjalin persahabatan. Pachelbel dikontrak khusus untuk menyusun Prelude. disitu dia menunjukkan kemajuan sebagai komposer dan organis yang semakin menjadi lebh baik dari tahun ke tahun.

Pachelbel menikah dua kali selama tinggal di Erfurt. Pernikahan pertamanya dengan putri Barbara Gabler pada tanggal 25 Oktober 1681. Sayangnya, Barbara dan putra tunggal mereka meninggal pada Oktober 1683 karena wabah. Sepuluh bulan kemudian, Pachelbel menikah dengan Judith Drommer pada tanggal 24 Agustus 1684. Mereka memiliki lima putra dan dua putri.

Meskipun setelah menjadi guru di effurt, organis dan komposer yang luar biasa sukses, ia memilih untuk pergi dan bekerja menjadi organis di pengadilan Württemberg di Stuttgart di bawah naungan Duchess Magdalena Sibylla. Dia merasa lebih baik disitu, tapi, sayangnya, ia tinggal di sana hanya dua tahun karena harus melarikan diri dari “Perang Grand Alliance”. Kemudian dia bekerja di Gotha.
Ketika mantan murid Johann Christoph Bach menikah pada bulan Oktober 1694, keluarga Bach merayakan pernikahan pada 23 Oktober 1694 di Ohrdruf, dan mengundangnya untuk bermain musik, dengan demikian,waktu itu JS Bach (yang masih berusia 9 tahun), bertemu Johann Pachelbel.

Dalam tiga tahun di Gotha, ia dua kali ditawari bekerja di Stuttgart dan di Universitas Oxford, ia menolak keduanya. Sementara itu, di Nuremberg, saat mantan gurunya ( dari Gereja St Sebaldus) meninggal pada tanggal 20 April 1695, dia ditawari untuk menengganti posisinya dan saat itu dia langsung menerima, kemudian meninggalkan Gotha pada 1695, dan tiba di Nuremberg saat musim panas.

Pachelbel menjalani sisa hidupnya di Nuremberg, selama itu ia menerbitkan koleksi chamber music Musicalische Ergötzung, Apollinis Hexachordum, enam aria keyboard dengan variasi. Meskipun sebagian besar dipengaruhi oleh komposer Italia dan Jerman Selatan, namun ia juga tahu jenis dari Jerman utara.
Johann Pachelbel meninggal pada usia 52, tanggal 3 Maret 1706, dan dimakamkan pada tanggal 9 Maret dan dimakamkan di Pemakaman St Rochus.

link donlot Canon in D :
MOZART Pachelbel – Canon in D (Violin, Cello & Harp).mp3
Canon In D Major (Piano).mp3
Pachabel’s Canon In D Major (Full Orchestration).mp3
Pachabel – Canon In D (violin).mp3
Johann Pachelbel – canon in d – piano and flute.mp3
Pachebel Canon In D-Minor (Beatbox).mp3
George Winston – Classical Guitar – David Lanz & Michael Jones – Pachelbel’S Canon In D Major.mp3
Bach – Pachelbel’s Canon in D major (best version).mp3
sumber : wikipedia

One Trackback to “Sedikit Tentang Pachelbel”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: