Belajar EKG 2

by casualH.R.R.

wohay, kemaren uda belajar dikit nih, sekarang kira terusin, terakhir kita bicara tentang sistem konduksi ventrikel yang terdiri dari berkas his, cabang-cabang berkas dan serat=serat purkinye.

kalo berkas his, munculnya dari nodus AV lalu ke bawah dia mbagi diri jadi dua, berkas his cabang kanan dan berkas his cabang kiri, cabang kanannya untuk mengalirkan arus depolarisasi ke septum interventrikular sampai ke apeks ventrikel kanan. Untuk cabang kiri lebih rumit lagi, dia kebagi lagi menjadi 3 fasikulus :
1. Fasikulus Septal (untuk septum interventrikularis, arahnya dari kiri ke kanan.
2. Fasikulus Anterior (untuk anterior ventrikel kiri)
3. Fasikulus Posterior (untuk Posterior ventrikel kiri)
Semua fasikulus itu akan berakhir di serat-serat purkinye kecil yang tak terhitung banyaknya, menyerupai ranting-ranting kecil di pohon, serat-serat ini yang mengalirkan arus listrik ke miokardium ventrikel.
Nah…..depolarisasi ventrikel menciptakan “kompleks QRS” pada EKG, amplitudonya lebih besar karena ventrikel kan jauh lebih besar daripada atrium. Karena depolarisasi ventrikel yang rumit maka ga heran kalo kompleks QRS ini juga rumit….sabar aja belajarnya, ga perlu bentur-benturin kepala ke tembok hehehehhehe
Bagian bagian kompleks QRS itu ada gelombang Q (defleksi pertama ke bawah), gelombang R (defleksi ke atas yang pertama, bila ada yang kedua disebut gelombang R’), gelombang S (defleksi ke bawah pertama yang mengikuti dfleksi ke atas. Sebenarnya sih ventrikel dan ventrikel kiri sama-sama mengalami depolarisasi, namun karena ventrikel kiri lebih besar (3x kanan) maka kebanyakan yang tampak pada ambaran EKG adalah aktivasi ventrikel kiri. Setelah seluruh ventrikel selesai berdepolarisasi maka kemudian menjalani repolarisasi, sehingga munculnya gelombang T.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: