BELAJAR EKG YUKZ

by casualH.R.R.

Dengan sedikit kerja keras, rasanya ga sulit buat melajarin ekg (elektrokardiografi). Tentu saja modal utama adalah kesukaan terhadap ekg itu sendiri, belajar ekg ga ubahnya seperti belajar musik dan instrumennya, keduanya sama sama mengandung unsur seni yang seru, tentu aja kalo anda anggap itu seru hehehehe……seru itu karna menarik dan kita suka. trus gimana cara sukanya, padahal emang beneran ga suka, bahkan ada yang migren setelah liat kertas ekg😀 aku pikir untuk menumbuhkan rasa suka kita harus tau keuntunganya, dengan belajar ekg, yang keliatannya sederhana, dari situ kita bisa tau mana infark miokard, mana aritmia yang mengancam jiwa, efek kronik hipertensi, efek akut suatu emboli paru massif dan banyak lagi. Yang paling pokok, kita bisa memilih dan memilah mana keadaan yang mengancam jiwa dan perlu tindakan segera, mana yang bisa elektif. Kan lumayan tuh, lagian ini kompetensinya dokter, kalo pas kedatangan pasien gawat ekg nya trus kita ga tau kan alamat (masuk tipi dengan inisial) wkwkwkkw….naudhubillah min dzalik dehh……latar belakang ditulisnya topic tentang ekg ini adalah karena aku pengen banget ikut kursus ekg, tapi apalah daya duit ga ada (ya sudahlah…) mungkin Tuhan sengaja nyuruh aku belajar dulu kali ya, kalo dari teman-teman yang baca ada kesalahan atau ga lengkap atau nanya dengan maksud diskusi ya monggo banget……karena emang tulisan ini jauh dari kesempurnaan. Okelah pelajaran pertama kali ini adalah melajarin dasar dasarnya dulu, tanpa ba bi bu…..ayuukk…..mari tancapp…..:-D

PERISTIWA LISTRIK YANG MELAHIRKAN GELOMBANG EKG

Oke sekarang kita intip sejenak aktifitas dari sel sel jantung. Perlu diketahui sel jantung ada 3 jenis, yang pertama adalah sel perintis, yang kedua adalah sel konduksi, dan yang terakhir adalah sel miokardium. Jadi rutenya adalah, dari sel perintis, lalu disalurkan ke kabelnya (sel konduksi) lalu listrik masuk ke mesinnya (sel miokardium). Mula mula yang terjadi adalah sel perintis (yang letaknya pada atrium kanan, nama lainnya sel pacemaker) secara spontan mengalami depolarisasi. Penjelasan lebih lanjutnya seperti ini :
Normalnya dalam sel itu dipenuhi oleh ion negative dan diluarnya adalah ion positif, keadaan normal itu oleh ahli ahli jantung dinamakan polarisasi. Untuk menghasilkan gambar seperti gelombang pada kertas ekg itu harus ada depolarisasi, makanan apa itu? Itu adalah proses pindahnya ion negatif keluar dan bersamaan pula ion positif masuk ke dalam sel, baru kemudian peristiwa listrik terjadi. Nah, setelah ion ion udah ketukar semua akan mulai suau peristiwa yang mengembalikan keadaan seperti asalnya, ion negative balik lagi ke dalam dan ion positif keluar sel, itu disebut repolarisasi, yang juga akan muncul di gelombang ekg. Namun yang terlihat pada kertas ekg itu adalah aktifitas dari sel miokardium, sel ini ada di atrium dan ventrikel, tapi sebagian besar ada di ventrikel, ukurannya paling besar, gunanya untuk memompa paling kuat dari sel lainnya, makanya pas gilirannya ventrikel keliatan gelombangnya paling tinggi amplitudonya. Kalo sel perintis ma sel konduksi itu hampir ga keliatan, karena ukurannya ga sebesar sel ventrikel.

KERTAS EKG

Bagi yang belum pernah liat kertas ekf (kalo ada koas ato dokter yang baca, percayalah bahwa ini Cuma basa basi hihihi ) Warnanya merah muda biasanya, kertasnya dalam bentuk gulungan, ada kotak kotaknya, tentu aja itu ada maksudnya, kalo diliat ada garis tebal dan ada juga garis tipis.

Itu coba liat, kotak kotak kecil garisnya tipis, kotak kecil itu panjangnya 1 mili, jadi 5 kotak kecil 5 mili, nah lima kotak kecil itulah kotak besarnya, kotak besar dibentuk ma garis tebal. (liat gambar di atas). Sumbu horizontal itu mengukur waktu, waktu untuk satu kotak kecil itu 0, 04 detik (ingat-ingat) angka ini penting banget. Kalo sumbu vertikalnya itu ngukur voltase, besarnya voltase untuk satu kotak kecil itu 0,1 mV. Dari angka dasar yang udah kita hafalin tadi maka kita bisa menyimpan dalam database otak kita tentang gambar di atas berikut angka angkanya, uda gede pasti bisa lah ya ngertiin, aku cuapek kalo jelasin atu atu heheheheee. Penting banget….

GA KALAH PENTING : GELOMBANG, GARIS LURUS, KOMPLEKS


Gelombang P : depolarisasi ATRIUM
Garis lurus antara P dan QRS : perlambatan konduksi karena nelewati nodus atrioventrikular (AV)
Kompleks QRS : depolarisasi VENTRIKEL
Gelombang T : repolarisasi VENTRIKEL

Dari poin poin di atas yang agak rumit adalah depolarisasi ventrikel, siap menerima tantangan???? Ayo belajar tentang depolarisasi ventrikel….:-D
Konduksi ventrikel susunan anatominya kompleks, ga heran kalau menimbulkan gelombang yang kompleks pula. Namun dasarnya terdiri atas 3 bagian : BERKAS HIS, CABANG-CABANG BERKAS, DAN SERAT-SERAT PURKINYE UJUNG.
(aku da cari2 gambarnya ga nemu jadi pada cari ndiri ya di buku masing2 hihihi…..bisa kann , smangat smangat [img]http://www.websmileys.com/sm/animal/1118.gif[/img])

2b cont…….

3 Comments to “BELAJAR EKG YUKZ”

  1. Luar biasa…tolong dilanjutkan ya,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: