Disease of Two

by casualH.R.R.

meckel4Diverticule_de_MeckelApa maksudnya disease of two???? ada yang tau??
Divertikel Meckel, dengan rule of two nya sehingga disebut sebagai disease of two, ditemukan sebanyak kira kira 2 % populasi, pada 2 kaki dari katup ileosekal, panjangnya sekitar 2 inci, 2% memberikan gejala (simtomatik), terdiri dari 2 jenis jaringan ektopik yakni gaster dan pankreas, sering mengenai usia 2 tahun, dan rasio laki-laki : perempuan adalah 2 : 1.

lalu apa sih yang dimaksud dengan divertikel Meckel ini??
divertikel meckel ,merupakan suatu penonjolan yang terdapat pada usus halus yang terdapat saat lahir, tonjolan tersebut merupakan sisa dari duktus omfalomesenterikus (disebut juga duktus vitelinus). merupakan jenis malfolmasi dari traktus gastroenterikus yang paling sering ditemui.

ditemukan pertama kali oleh Fabricius Hildanus pada abad ke 16, nama penyakit ini diambil dari nama belakangnya yakni Johann Friedrich Meckel. beliaulah yang pertama tama menemukan dan menerangkan asal dari divertikulum ini pada tahun 1809.

Gejala klinis
Divertikel Meckel berada pada ileum distal, biasanya sekitar 60 – 100 cm dari katup ileosekal dengan panjang 3 – 5 cm, tanpa disertai dengan mesenterium dan memiliki pasokan darah sendiri.
Divertikel ini dapat memberikan gejala klinis seperti hernia indirek yang sering dikanal dengan Hernia Littre.
adanya divertikel ini menyebabkan pasase usus menjadi tidak lancar, terlebih lagi bila mengalami torsi (terpeluntir) maka akan terjadi iskemia lalu nekrosis jaringan yang menyebabkan gejala akut abdomen.

referensi klik di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: