A/KV Combine (Amoksisilin – Klavulanat Combine)

by casualH.R.R.

Temen koas, pada tau nggak kenapa sih amoksisilin selalu dikombinasikan dengan asam klavulanat??? Kombinasi amoksisilin dengan asam klavulanat sering digunakan dalam pengobatan infeksi akut pada telinga hidung dan tenggorokan, saluran kemih, atau infeksi jaringan lunak. Karena memang kombinasi amoksisilin dengan klavulanat diindikasikan sebagai obat alternatif untuk berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri jenis gram negatif dan gram positif yang termasuk cakupan spectrum aktivitas amoksisilin tetapi memproduksi betalaktamase, selain itu juga kuman anaerob. …hmmm….Belum ngerti pasti, baca lagi gih dibawahnya…
Amoksisilin adalah salah satu contoh antibiotik golongan betalaktam, sedangkan asam klavulanat adalah golongan antibiotik penghambat betalaktamase.
Sebelumnya sekedar merefresh ingatan kita, bahwa ada jenis bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik golongan penisilin (betalaktam), hal itu disebabkan antara lain karena bakteri memproduksi enzim betalaktamase sehingga dapat menghancurkan antibiotik golongan betalaktam ini. Bakteri bakteri yang terkenal bandel itu antara lain adalah S. aureus, H. influenza, gonokokus dan berbagai bakteri batang gram negatif. Dan betalaktamase sendiri ada beberapa macam, dari referensi yang saya baca sih ada 50 macam betalaktamase.
Penghambat betalaktamase saja belum bisa membunuh bakteri sehingga tidak bisa digunakan sebagai obat tunggal untuk menanggulangi penyakit infeksi (jadinya asam klavulanat selalu kita ketahui dikombinasikan). Tapi kalau dikombinasikan dengan antibiotika betalaktam, maka penghambat ini bisa mengikat betalaktamase sehingga antibiotika pasangannya bebas dari pengrusakan enzim tersebut dan dapat mencapai tujuan dan menghancurkan dinding sel bakteri. Jadi ibaratnya sang pengantin dalam bom bunuh diri di hotel mariot maka asam klavulanat ini bekerja sebagai suatu “suicide inhibitor” yang akan ikut hancur di dalam betalaktamase yang diikatnya.
Nah…dari cuplikan materi ini bisa inget kan pelajaran farmako, mudah-mudahan bermanfaat.

5 Comments to “A/KV Combine (Amoksisilin – Klavulanat Combine)”

  1. thank’s iaaa infonya

  2. tengkyu mbak..lumayan buat review farmako sebelum koass…
    hehehe

  3. hehe….mudah mudahan bermanfaat yah buat sri dan rina:D

  4. singgah di blogku kalo sempat
    http://pbonlinetiket.wordpress.com

  5. lagi jalan: nih jar… lumayan refreshing lagi ilmu”nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: