Saya Ikut Berduka…

by casualH.R.R.

Lebaran tahun 2009 alias 1430 H terasa lain dari lebaran – lebaran sebelumnya, saya merasakan banyak orang yang merasakan duka yang mendalam saat menyambut lebaran. Memang hari itu adalah hari kemenangan namun tak dapat dipungkiri bahwa musibah yang ada menghanyutkan seseorang dalam kesedihan. Mari kita kilas balik musibah bencana gempa di tasikmalaya, keluarga korban bom hotel mariot, keluarga yang anaknya meninggal di Saudi Arabia sebagai TKI dan belum sempat dipulangkan, dan masih banyak lagi saudara-saudara kita yang sedang berduka, termasuk keluarga Anang Hermansyah yang sedang diuji ketabahannya dengan masalah rumah tangga mereka ( saya sempat menangis saat nonton lagunya anang yang berjudul Separuh Hatiku Telah Pergi…).
anang_hermansyah_020
Lebaran, yang tahun sebelumnya meraka dapat merayakan kemenangan dengan anggota keluarga, orang tua, sanak saudara,atau para tetangga dekat dengan bertakbir, solat ied bersama, saling bersilaturahmi antar rumah, memasak dan memakan makanan dan kue lebaran, mudik, semuanya kini terasa hampa dan hilang, suasana bahagia kini berganti duka yang mendalam setelah anggota keluarga mereka yang sangat berarti dan dicintai pergi. Kerinduan akan masa masa indah menambah kepedihan.
Sama seperti yang saya rasakan saat ini, yah…bukannya sok dramatis dalam menyikapi suasana, maklum… sebagai anak rantau yang jauh dari ortu mau nggak mau saya harus merelakan menghabiskan waktu lebaran sendirian atau dengan teman seperantauan, nah, itu sih mending, ini….saya ternyata harus sendirian di kamar nonton TV, makan krupuk, nge game, nonton DVD, karaoke, mandi, makan, pup, tidur, nonton lagi, aus, minum lagi, makan, tidur…gitu terus…!!! …selama seminggu libur. Yah selain ada yang liburan ada juga yang rada aneh, temen sebelah kos yang biasanya kita sering jalan bareng keliling Manado rada aneh gitu, kayaknya temen seperantauan saya saat ini lagi nggak bisa disentuh, mungkin baru dapet lailatul qadar makanya mereka dapet pencerahan ndekeeemm terus di kamar, atau mungkin lagi nangis meratapi nasimerasa nggak bisa ngebahagiakan orang tua nun jauh disana (sama sob hehe…). Di sms nggak bales, di telpon nggak di angkat, gimana mo jalan-jalan kalo cuma sendirian. Oya, buat temen-temen koas, dokter, dan temen kos makasih banget atas ucapannya, maafin juga ya, saya juga banyak salah…..
Malam lebaran adalah malam yang berat buat saya, terus terang…seperti biasanya malam lebaran tahun-tahun sebelumnya, saya benci malam lebaran. Karena pada malam itu saya merasa sangat kesepian. Walau banyak banget orang disekeliling tapi tetep aja, saya ngerasa kosong tanpa kehadiran orang rumah. Sebagian besar waktu hanya saya luangkan untuk benda mati. Tragis banget…Apalagi banyak iklan iklan di TV bertemakan lebaran yang ekstra mengharukan, sebut saja iklannya PT Djarum ( maaf ya pak, sebagai istri aku masih banyak kekurangan…), Iklannya telkomsel (…bapak lagi di Papua, bener nggak kangen ma bapak??…), iklannya mie Sedaap yang nyedihin hati banget, apalagi kalo ada bapak-bapak yang dengan lemah dan lirih memanggil : ….naaaakkk…. (hik..hik…hik). *Jadi inget sama bokap ‘n nyokap*.….melow banget kedengerannya. Tapi untung aja, masih ada Kharis, seorang malaikat yang Allah kirimin buat aku (ciee…lebay), malaikat itu berkacamata, cubby, item manis, dan genduuutt hehehe….kapanpun aku butuh aku bisa hubungi dan nge fun bareng. Meskipun akhir-akhir ini dia juga musti bagi waktu, pikiran, perhatian buat keluarganya dan saya, dia bisa!!, saya salut…
Tulisan ini dibuat sambil nonton sinema SCTV yang judulnya “me and my Lovely dad” yang dibintangi oleh mark lewis, setelah saya perhatiin lucu juga. Ceritanya tu tentang single parent yang diperankan oleh Daddy (Mark Lewis) yang berusaha manjadi ayah yang baik setelah sepeninggalan istrinya. Kalo mo nyeritainnya sih agak males, lumayan lah ceritanya, buat ngisi kekosongan.

One Comment to “Saya Ikut Berduka…”

  1. haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: