Curek…wiiii…..

by casualH.R.R.

earwax_on_swabyak gali terus…gali terus… kalo dua ujung cottonbud nya uda pada merah item gitu ya ganti lagi dengan cottonbud yang kedua haha…emang enak ya gali gali curek telinga, tapi pada pernah kepikir nggak curek itu ternyata adalah anugrah Tuhan juga, ya pastinya segala sesuatu yang Tuhan kasi tu pasti ada manfaatnya. kayak curek ini. curek itu bahasa jawa, yang kalo dibahasain indonesia artinya kotoran telinga. dalam bahasa kedokteran istilahnya adalah “Serumen” orang bule bilang “earwax”, pernah denger kan…yang sering dipake kuli bangunan itu lo*mah semen wihihi*. dalam liang telinga kita yang lengket lengket itu ada semacam sel sel yang dapat menghasilkan serumen, asalnya dari sel kelenjar lemak dan sel kelenjar keringat yang ada pada liang telinga khususnya di sepertiga bagian luar. pernah pada liat pasti kan cureknya masing masing, normalnya curek normal pada kita-kita orang ras kaukasia tu basah, lengket berwarna kayak madu, lain ras lain lagi cureknya, kalo ada yang punya temen bule gitu cureknya kering kayak beras, enak juga sih tiap bulan panen beras sendiri:D
trus sekarang keuntungannya curek alias serumen tu apa sih, keuntungannya tuh, karena dia basah dan lengket maka dia berfungsi sebagai pelumas, bayangin aja kalo telinga kita kering, kalo bibir kering kan bisa pecah pecah, telinga juga kayak gitu karena bila kering akan timbul fissura (pecah-pecah) yang merupakan bibit infeksi. trus kandungan serumen itu ada fat, lisozim dan imunoglobulin yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri. trus gimana dong kalo curek yang ada dalam liang telinga kita bejibun?? ya nggak masalah, itu masih dalam batas normal asalkan nggak memenuhi selapis roti aja:P masalahnya tu kalo tu curek ato serumen mengering atau kena ir trus membentuk adonan gitu maka telinga kita bisa tersumbat sehingga mengganggu proses pendengaran alias kopok (tuli). tapi ya jangan asal-asal ngeluarinnya dengan cottonbud, bukannya bersih tapi malah parah, perlu kita ketahui bahwa liang telinga itu ada semacem penyempitan (batas tulang rawan ama tulang keras) yang kalo kamu gali serumennya bisa bisa tu serumen malah masuk ke dalem mendekati gendang telinga jadinya tambah susah dikeluarin, nggak keluar-keluar digali terus akhirnya gendang telinganya ketusuk deh, wah jadi tuli permanen!!! trus gimana dunk ngilanginnya, masak harus dibiarin trus jadi tape disitu?:O jangan kuatir, pertama, selain ati ati kalo ngorek, jangan dipaksa karena takutnya tembus sampe ke dalem, bersihin telinga dengan cara kasi air tapi kepalanya mengarah ke atas belakang lalu kocok kocok ampe airnya keluar lagi, lakukan itu berulang-ulang. yang kedua, kalo masih susah ya minta bantuan dokter aja buat ngeluarin, nanti dokter akan bantu kamu ngeluarinnya dengan alat kusus semacam kuret telinga dengan diameter yang disesuaikan buat telinga sehingga curek keluar, kalo nggak bisa juga ya diisep isep, ngisepnya nggak pake mulutnya dokter tapi pake alat pengisap yang disertai dengan irigator gitu (asal setelah diperiksa gendang telingamu masih baik-baik saja). abis itu curek bisa keluar dengan mudah. sebelum dirimu pulang dokter akan memberikan secarik kertas resep (kalo perlu) buat ngebersihin telinga…wah capek juga ya mbahas curek, uda ah kayaknya aku juga mau ngebersihin telinga dulu…oke teman teman selamat mencoba….!!!

2 Comments to “Curek…wiiii…..”

  1. the internet, autoresponders, newsletters, email, etc.
    As with any type of retail business, how you operate a used goods store effectively depends on how well you manage your inventory.

    The person who does it and does not complain is even more valuable.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: