Archive for May, 2009

May 23, 2009

Tetangga Kamar Vs Insulin (nggak nyambung)

by casualH.R.R.

Pengennya sih aku mo ngeposting soal tetangga kamarku yang sengak banget yang nggak banget dan yang ngeuajrit baget…tapi berhubung aku orangnya baek dan penuh kasih makanya aku males ngomongin kejelekannya orang he he.

read more »

May 23, 2009

Akhirnya Datang Juga

by casualH.R.R.

Aku pulang ke kampung halamanku untuk beberapa minggu dengan tujuan menghilangkan kepenatan. Selain ketemuan ma keluarga juga ma pacar tercinta. Setelah sekian lamanya kurang lebih setahun kita jalanin hubungan jarak jauh dan nggak pernah ketemuan hingga akhirnya Tuhan mempertemukan kami berdua yang memang sudah saling merindukan satu sama lain.
Aku berangkat dari kos sekitar jam 6.30 pagi, setelah check in aku nunggu di ruang tunggu, nggak tau kenapa bibirku selalu tertarik keatas, senyum terus….hingga aku berada dalam kabin pesawat pun aku nggak berhenti senyum, nggak kebayang gimana kalo

read more »

May 23, 2009

Kota Luwuk

by casualH.R.R.

Kota berpantai dan bergunung, seperti halnya kota-kota di Sulawesi, kota Luwuk tidak terdapat kereta api karena struktur geografis yang kurang sesuai ( bergunung-gunung ).
Nama kota berdasarkan pada satuan jarak dari pantai di pusat kota (Kilo Satu, berarti kota itu berjarak 1 kilometer dari pusat kota, Kilo Dua, berjarak 2 kilometer dari pusat kota, Kilo Tiga dan seterusnya…)
Pantai berpasir sebagai pariwisata ada di kota Kilo Lima
Pusat penjualan ikan di kota Kilo Dua
Bahasa tidak jauh berbeda dengan bahasa Manado. Perbedaannya hanya pada beberapa kosakata saja seperti “saya ( manado : kita ), iyek ( manado : iya ), tidak ( manado : nyanda ), “sape” alias Saya Punya ( manado : “tape” alias kiTa Punya) dan lain-lain…
Kota Luwuk sama seperti Gorontalo, sangat panas dan bikin kulit menjadi hitam.
Makanan : “Popeda” (IrJa) atau biasa disebut “Onyop” yakni makanan yang berasal dari adonan sagu ( tepung sagu ditambah air panas, jadinya kenyal-kenyal ) yang ditambah dengan kuah ikan atau kaldu, Cara makannya adalah langsung ditelan tanpa dikunyah ( asik nggak tuh??? )… ada juga “Pizza Onyop” dimana bahannya sama dari sagu, namun cara bikinnya agak lain, adonan sagu disangrai dengan gula pasir atau gula merah ditambah dengan parutan kelapa sampai menjadi agak keras lalu setelah mengenyal dan mengeras dilipat ( seperti telur dadar yang dilipat ) dan di iris sehingga hasilnya menyerupai pizza.
Tempat pariwisata terdiri dari Pantai Pasir lengkap dengan kafe di sepanjang tepi pantai, air terjun ( harus menaiki gunung dulu ), Bendungan Transmigrasi ( bendungan waduk di daerah transmigran yang dihuni oleh suku jawa ).
Pabrik kurang berkembang di Luwuk, hanya ada pabrik rumah tangga seperti pabrik minyak kelapa yang diolah secara tradisional dengan tenaga kerja kurang dari 10 orang.
Secara garis besar, ada 3 suku yang dikenal dengan sebutan “Babasa”, singkatan dari Balatak, Ba… dan Salwan. ….2b continued…

May 23, 2009

Kasih Sayang Ibu (Sebuah Karya Muktamar Ch Aishya)

by casualH.R.R.

ndahnya surya mrnyinari bumi
Memberi kehidupan pada semua
Tapi tak seindah hatiku
Gelisah dan gundah yang meraja

Tangis air mata terlinang deras
Bingung dan kesedihan yang ada
Sebuah tanya ada dalam benakku
Kapankah itu terjadi ? aku menanti

Ybu …sayangkah kau padaku
Masihkah kau menganggap aku anakmu
Andai saja kau tahu
Bahwa aku mencintaimu sepenuh hatiku

Aku mengharapkan selalu
Sesuatu darimu yang indah
Yang tiada terganti oleh siapapun
Karna aku menginginkan itu

April 2007

May 23, 2009

Sebuah Karya Adek Gue

by casualH.R.R.

Beginikah sakitnya
Beginikah pedihnya
Kalau lagi patah hati
Duhai sakit sekali
Ada rasa takut jatuh cinta
Tapi kadang ada rindu dihati
Ingin dicinta dan dicintai
Tapi kadang ada ragu dihati
Tak ingin mengulang dua kali
Smoga hanya saat ini
Sakit hati ini
Ya illahi robbi

Meneteslah air mata ,mimic mukanya sungguh memprihatinkan sekali entah apa yang terjadi hanya dia yang tau ,tiba-tiba bel masuk kelas berbunyi smua anak masuk kelas lain hal nya dengan gadia tsb ia hanya berjalan dg santai
Menuju ke kelas Ixa lalu sampailah dia ,begitu dia masuk smua mata memandangnya kemudian ia bergegas duduk
“mey, lo kenapa ?”
“gw g’ papa kok.”
“cerita dong ama gw.”
“sorry khe! Gw belum siap cerita ama lo.”
“ya udah ,klo lo udah siap ,lo cerita ama gw ok!”
Meyla dan ikhe adalah teman sejak kecil
Pelajaran berlangsung smua anak memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru tepatnya bu isra ,tetapi tiba-tiba meyla jatuh tergeletak smua org disekitarnya panik terutama ikhe ,ia langsung meneteskan air mata lalu ia minta izin pd bu isra,
“bu,boleh saya mengantarkan meyla ke UKS dan menemaninya .”
“ya !”
xxxxxxxoOoxxxxxxxx

DI UKS…..
“mey lo kenapa? Plis cerita ama gw ,gw g’ tega nglihat lo kayak gini!”
“khe….gw…sedih bgt denger reiner jadian ama imel .”
“jadi maksud lo ,lo suka ama reiner gitu ,trus ….sejak kapan ?”
“kira-kira sejak kelas x”
“haaa!kenapa lo g’ bilang dari dulu?”
Meyla diam sejenak lalu ia berkata ;
“khe baru kali ini gw suka ama cow ,mungkin ini cinta pertama gw”.

Tak disadari oleh meyla dan ikhe bahwa reiner ada di UKS yang sedang piket jaga ,mendengar itu smua ia merasa bersalah thd meyla,tapi sekejap ia berpikir tidak perduli karena ia sudah terbiasa di sukai oleh in school and home.
PLAYBOY itulah cap yang paling tepat untuk reiner udah lebih dari 20 cew yang ia jadi’in pacar walaupun Ia hanya berkala Cuma ½ bln tapi ia tetap ENJOY
PULANG SEKOLAH………
Dipintu gerbang sekolahan terlihat reiner membonceng imel ,melihat itu meyla sedih sembari menangis ,meyla tak sadar klo ia di perhatikan oleh ikhe ,ikhe cemas sekali klo ada apa-apa dg meyla lalu ikhe memaksa meyla untuk mau diantar pulang karena ia takut ada sesuatu dijalan klo meyla pulang sendirian .
xxxxxxxoOoxxxxxxx
Di studio Bintang tempat reiner dan teman-temannya nongkrong sambil latihan band,ia cerita dengan teman-temanya masalah meyla,teman-temanya kaget karena mereka berpikir kok ada orang segitunya suka ama reiner padahal reiner adalah buaya darat laut dan udara
KEESOKAN HARINYA …..
Meyla berangkat ke school pukul 06;00,setelah sampai di school ia langsung menuju ke kantin untuk breakfast ,meyla menikmata betul pesananya bakso+es lemon.
“Braaak!!!’”
Meyla kaget ½ mati
“klo lo suka cow!jangan cow gw!”
“maksud lo mel”
“lo suka khan ama reiner ,g’ gitu caranya cari perhatianya cow gw!”
“gw g’ ngerti omongan lo?”
“udah deh g’ usah berlagak muna lo!”
“udah deh hajar aja mel”,temen-temen imel memberi dukungan untuk menghajar meyla
“ah!g’ perlu gw ngotorin tangan gw!kita pergi aja ,gw sumpek ngliat dia .”
Nafsu makan meyla hilang,ia malu sekali menjadi tontonan org banyak sesegera mungkin ia langsung pergi ke taman ,tempat yang sering ia kunjungin dikala ia sedih ataupun senang yang berada di belakang school.
“gw g’ nyangka klo ikhe khianatin gw ,padahal gw sayang bgt ama dia ,tapi teganya dia “ menangislah ia sembari menulis diary.
To ;my diary cayank
Tak terbayangkan olehku
Kesialan menghampiriku
Kepercayaan dariku
Sirna karma kau lupakan
Janji kita
lenyap seketika
karna kau ingkari

kini kusendri
menikmati kehancuran hati ini
sahabat !kau menghianat
I HATE U
“Hay mey !!gw bawa sesuatu buatlo surprise !! ini jam tangan buat lo.”ikhe menghampiri nya
“ngapain lo kesini ,pergi!!!!!”
“meeyyllaa?”
“pergi gw benci ama lo!”
“maksud lo apa’an mey?”
“lo penghianat lo tega makan temen lo sendiri,gw kira lo sayang ama gw tp ternyata……gw benci ama lo!”
“mey!?!”
“gw benci ama lo!!!!!!!!!”
Berlari ,itulah yang ia lakukan ,sudah berapa banyak air mata yang ia keluarkan . walaupun ada rasa tak percaya di hati meyla ,tapi klo dipikir-pikir ,siapa yang tau klo ia suka ama reiner kecuali ikhe.
07;00 bel berbunyi smua anak masuk kelas ,kelas meyla adalah Ixa didepan kelas IXb yaitu kelasnya reiner dan disampingnya kelas Ixc kelasnya imel ,kebetulan sekali mereka masuk secara bersamaan ,mengetahui itu imel mencoba memanas-manasi meyla .
“hai sayang !aku kangen bgt nich! Nanti kita jadikan nonton .”
Sedangkan reiner hanya bisa mengangguk & tersenyum lalu merka cipika cipiki ,meyla tak tahan melihat itu smua ,ia langsung masuk kelas & menaruh tasnya dibelakang meja asalnya ,ketika ia tertunduk memikirkan nasib nya lalu ia mencoba tegar dg duduk tegak lalu ia melihat didepannya terdapat sepucuk surat & melihat disekitarnya kemudian membuka & membacanya.
To ;meyla
Mey ,sejak kemarin lo berubah ,gw kangeeeeeen banget ama senyum lo ,canda lo ,dan tawa lo .gw tau lo punya masalah tapi jangan begini caranya ,bukanya nyelesain masalah tapi malah nambahin .
Kupengen lo hadapi ini smua dg sabar & buang rasa prasangka buruk lo tentang ikhe itu g’ bener !
Sebenernya yang bocoran rahasia itu adalah reiner ,ia bilang klo ia g’ sengaja nguping lo & ikhe di UKS
*lupain reiner ,karma ia hanya akan menyakiti lo.

SEKIAN
Setelah membaca surat itu ia jadi g’ konsen lalu ia minta izin untuk pergi ke toilet ,ketika ia lewat didepan kelas reiner yang sedang pelajaran kosong ,ia mendengarkan sesuatu .
Boy ;”eh lo tau g’ klo meyla & ikhe itu berantem .”
Cooky ;”oh ya? Kok bisa!mereka khan temanan udah lama .”
Boy ;”itu karna reiner tau !”
Reno ;”busyet!!!lo hebat bgt rein!”
Rener ; ”gw gitu loh , tapi imel kok bisa tau sich?.”
Boy ;”itu gw yang kasih tau ,lalu nyebar deh!.”
Reiner ;”pinter bgt lo ,nanti pulang school gw akan mutusin imel .”
Reno ;”loh kenapa ?”
Cooky ;”bosen kale!”
Reiner ;”100 buat lo,lalu gw akan nembak meyla !”
Boy ;”seriuz lo!nanti klo lo ditolak gimana!”
Reiner ;”g’ mungkin ,slama ini gw g’ pernah ditolak 1 cwe pun.”
Boy ;”gila lo!”
Ha ….ha ….ha …..
Mendengar itu smua ,ia langsung lari ke toilet & menangis.
“ma’afin gw khe!gw bego’ bgt nuduh lo kayak gitu !.”
Ia lalu cuci muka & menghapus air matanya ,kemudian ia keluar dari toilet ,tiba-tiba ia menemukan sepucuk surat di lantai lalu ia ambil.

To ;meyla
Minta ma’aflah pada ikhe & sambuglah tali persahabatan kalian kembali & lupain reiner
Smoga lo nemuin cinta sejati lo
Good luck!
ISTIRAHAT SCHOOL ……..
“khe ….ma’afin gw ? gw dah nuduh lo yang bukan-bukan .”
“gw ngerti ini salah paham tapi tolong ceritain smuanya hingga lo bisa nuduh gw kayak gitu?”
Bla…..bla…..bla….bla….
“trus siapa yang ngasih lo surat?”.
“gw g’ tau !”
“tapi kenapa ya !ia tau sgalanya”.
“ya…mungkin ia slama ini mata-matain kita!”
“g’ kale!kayak orgil tau!”
“lalu siapa donk!”
“kita selidikin aja.”
PULANG SEKOLAH……..
Reiner ;“mey, gw suka ama lo,gw pengen jadi pacar lo?!”
Meyla ;”maksud lo!”
Reiner ;”gw udah …”
Meyla ;”mutusin imel gitu ,lalu ama gw enak bener!”.
Reiner ;”tapi lo suka ama gw khan ?.”
Meyla ;”GR banget sich lo!”
Reiner ;”dasar cwe muna lo!”
Meyla ;”elo yg muna!”
Reiner pergi dg motor ninjanya senbari marah sedangkan ikhe senang bgt karena melihat meyla yg berani & lupain reiner.kemudian ia menghampiri meyla
“mey ,gw salut bgt ama lo.akhirnya lo bisa dpt ngelakuin apa yg emang harus lo lakuin”
“thanks”
“oh ya!kita ke kelas dulu ya?”
“mo ngapain ?”
“ambil buku gw ketinggalan .”
“ya dah ayo!”
Meyla & ikhe berjalan menelusuri sepanjang koridor school .
“khe ,kira-kira siapa ya yg nulis surat ama gw, lo tau g’ sejak ia ngasih surat ke gw ,gw ngerasa klo gw tu diperhati’in ,em….kayaknya gw suka ama org yg nulis itu.”
“tapi mey, lo khan g’ tau org nya .”
“gw akan nrima apa adanya karena gw sayang bgt ama dia.”
“gw ngerti kok!,eh bentar deh!”
“kenapa harus sembunyi sich?”
“sssssttttt…!”
Ternyata meyla & ikhe memergoki sony yg ada di kelas sendirian & mendekati meja mereka trus ia naruh sesuatu kemudian pergi .
“khe, kenapa ya sony kok mendekati meja kita?”
“gw juga g’ tau,em….kita aja yuk!”
Meyla & ikhe mendekati meja mere ka & nemuin sesuatu.
“surat?”ikhe terkejut.
“kita buka aja khe.”
“tunggu kita buka di taman aja ok!”
“ok!”

To ;meyla
Senang bgt ngliat kalian berdua baikan ,kini rasa rinduku akan senyum,canda ,tawa lo terobati
Makasih karna lo mo nurutin saran gw,ingin gw ngaku ,tapi gw takut klo lo akan benci gw karna sesungguhnya gw tu sayang ama lo,& gw yakin klo cinta g’ harus memiliki , gw Bantu mberesin masalah lo aja dah seneng karna itu adalah wujud klo gw sayaaaaaaaaaaang bgt ama lo.
Lebih baik ,lo lupain semua yg menyangkut gw,penggemag RHS lo!
Good bye!
“mey ,lo kenapa nangis?”
“hah! Nasak sich?………..e..e..ini kena debu kok.”
“udah g’ usah bohong.”
“khe kenapa dia ninggalin gw “
“mungkin dia takut klo cintanya bertepuk sebelah tangan .”
“tapi lo khan tau klo gw tu suka ama dia.”
“tapi dia g’ tau mey!,em…gimana klo lo nulis surat ke dia!”
“ide bagus tu,tapi gw g’ bisa nulis surat.”
“gw ajarin ok!”

Setelah meyla & ikhe blz surat untuk sony mereka langsung pulang karna dah sore tapi ditengah jalan mereka bertemu dg seseorang.
“hey serahin dompet lo !”
“khe gw takut!?”
“cepet serahin atau lo mo mati,cepat!”
“enak aja sihI klo lo berani “ikhe menantang penodang tsb,dan terjadilah perkelahian antara ikhe dan penodong itu,tapi akhirnya ikhe menang.
“duh lo g’ papa khan khe?”
“ya g’ lah ,gw gitu loh!”
“ya ampun khe gw cemas bgt,tapi lo hebat bgt!”.
“ya iyalah!”
MALAM HARI……..
Kelakuan meyla hari ini beda bgt ,kemarin ia sedih tapi sekarang ia terlihat seneeeeeng bgt .
To ;diary cayank
Sayang,ternyata ikhe tak bersalah & kita udah baikan ,gw bodoh sekali ,kenapa gw bisa suka ama cwo seperi reiner ?mungkin itu cinta pertama sesaat gw dan sony adalah cinta sejati gw.
KEESOKAN HARINYA……..
Sony hari ini berangkat pagi-pagi sekali dan ia menemukan sepucuk surat lalu dibaca.
To ;penggemar RHS gw.
Gw udah tau siapa sebenarnya lo ,gw benci bgt karna lo g’ mau terus terang !!tapi ku maka sih bgt atas saran-saran lo.
SONY I LOVE U
Setelah ia membaca surat itu ,ia langsung mencari meyla tapi tak ketemu ia baru sadar klo meyla belom datang. 07;00meyla nyampek di school ia bergegas untuk pergi ke toilet karna lagi dapet tapi sialnya ada reiner menghadang & mo mencium meyla ,ia ketakutan sekali .
“berhenti !!”
“sialan !”
“sony tolong gw!!?”
“lepasin dia rein!”
“g’ usah lo ikut canpur lo son !!”
“gw akan ikut campur klo lo ngganggu meyla”
“janjan banyak bacot lo!!!”
Reiner & sony berkelahi ,untung akhirnya sony menang .
“lo g’ papa khan mey ?”
“gw g’ papa kok.”
“em…mey gw sayang ma lo, lo mau g’ jadi pacar gw?”
“gw,gw juga sayang ma lo & gw mau jadi pacar lo.”
Kemudian mereka berjalan sambil bergandengan .
“son, lo kok tau semuanya “
“maksud lo?”
“yak lo reiner yg bocorin dll”
“gw 1kost-kostan ama dia.”
Ketika mereka masuk kelas ,mereka disorakin ama anak-anak .
Anak-anak :”duh! Penganten baru nich!”
Meyla ;”khe Ada apa sich?”
Ikhe ;”mesra bgt!”
Meyla ;”apa’an sich”
Meyla & sony g’ ngerti maksud anak-anak
Ikhe ;”tuch!!” sembari menunjuk tanga meyla & sony yg lagi bergandengan .
Anak-anak ;”kalian dah jadian ya?”
Meyla & sony mengangguk.
Anak-anak ;”selamat ya?”

SEKIAN…………!

May 23, 2009

A Cold Welcome

by casualH.R.R.

Ada yang ngrayain hari jadi di tanggal 25 maret euy, seorang manusia botak, buntet nan ndeso berkacamata angkatan 2004 yang lagi subur setelah divaksin dan khas dengan perutnya yang cheerful yang sering kupanggil dengan sebutan “the meatballs”. tapi nggak tahu kenapa ya kok jadi aku yang deg-degan dan kege-eran sendiri saat menjelang detik-detik terakhir umurnya ke 21, mungkin aja karena 2 jam terakhir persiapan kidung ultah, rencana awal sih mau kubikin versi akustik tapi apa daya nggak ada pinjeman gitar, alasan paling utama sih masih bingung mo nyanyi apa,…hmm, berat banget buatku untuk mengakui bahwa pengetahuanku tentang lagu-lagu ulang tahun adalah poor. nggak ada persiapan apa-apa buat ngrayain secara jarak kami jauh abis, mau pulang tapi ongkos mahal abis, tiket manado-surabaya cikz harga paling murahnya buat terbang itu aje sebesar tujuh ratus ribu rupiah pada hari biasa, kalo pepe (pulang-pergi) ya sejuta empat ratus ribuan yang buat kantong anak kos bukan sekedar “merogoh” kocek dalam-dalam, sekalian puasa sebulan tanpa sahur dan berbuka, cuma minum air itupun mengemis, bahkan nggak cukup walaupun udah nggadaikan kipas angin, rice cooker, tape, komputer dan hape…yang akhirnya membawa koper dengan muka melongo tengok kanan kiri nggak tahu mo kemana dan ngapa….hikss.
mau naik kapal udah kebayang serem setelah kubaca zodiak aquarius minggu ini bahwa “bagi anda yang akan melakukan perjalanan laut….kami ucapkan “good luck and goodbye….(goodbye???)
seiring dengan waktu yang terus berlalu dan semakin mendekati pukul 1 malam, jantungku semakin berdegup kenceng coyy…bukan karena takut mau menyanyikan kidung dengan suara pas-pasan tapi karena takut si target tertidur. perasaanku semakin nggak enak setelah menerima sms yang dikirimnya jam setengah dua belas wita yang isinya minta bangunkan pagi-pagi karena ada kuliah pagi,,,shutt…!!! what can i do next??secara si target adalah mahasiswa yang suka bolos yang bisa jadi sudah berada di garis limit dimana nggak boleh buat nggak masuk lagi….apalagi setelah aku nyadar kalo baterei di behaku eh, baterei di hapeku tinggal dua, ah mana cukup buat nelpon sejam..??!! gimana ya, nelpon nggak ya,,,kalo dipaksain nelpon dicuekin nggak ya,,,mau sholat istikhoroh tapi apa daya iman juga pas-pasan, takut mo wudu’ keluar kamar, mana ujan, takut lampu mati dan amat sangat nggak lucu buat ngrayain ultah featuring si “white Chiqs” di pancuran kamar mandi.
sebenernya rencana B-nya sih aku bisa nelpon paginya dan nyanyiin lagu sama-sama temen satu gelombang dirumah sakit. itung-itung nyembunyiin suara ghaib hehee…tapi kalo dipikir-pikir nggak keburu juga mengingat adanya kuliah pagi.
malam semakin larut, udara terasa semakin dingin menusuk tulang, ditemani senandung akustiknya Rick Price yang berjudul Heaven Knows, semakin menyatu dengan ketidakpastian, semakin kurasakan dendang irama kruyuk-kruyuk hingga tersadarlah kalau aku mulai lapar karena energiku terkuras habis dengan memikirkan bagaimana jadinya kalau yang kudapat hanyalah a cold welcome???….cukuplah sudah aku merenung dan akhirnya mulai kutemukan jalan keluarnya,,,yang pertama adalah, aku harus mencharge hape yang sudah mulai tulat tulit,,,kedua, aku harus pasang alarm jam 5 pagi dan menyusun rencana C….dan alhamdulillah, nggak jadi. dengan keberanian penuh maju terus pantang mundur aku mencabut hape dari chargernya dan kupencet call key pada nama “KhaRys Cute” sambil menutup mata rapat-rapat, hajarr bleh…!!!!
What’s the hell goiN on with my hand??!!!! kenapa kedua tanganku nggak habis-habisnya tremor (bergetar sendiri), sumprittt…pengen kuakhiri panggilan saat itu juga dan meneguk segelas air putih, but….”hallo….” O MY GOD!!!…O MY GOD, Sounds like….my angel…ehh…(.ternyata si target sudah on…..hiiiii……tanpa ba bi bu lagi,,,)…..El ell…liliiiin keciiil..mmmmenyalaa disinii….kuhidupkan kembalii….laaa…giii….
aku nyanyikan lagu itu dengan sekuat tenaga, bener-bener diluar rencana….i was soo nervousss….
alhasil, aku menyanyikan semua liriknya dengan suara pendek dan terengah-engah, jantung deg deg serr, mulut kering dan alis mengkerut, bibir monyong lidah kaku, pikiran buyar serta dalam hati tak henti-hentinya aku memaki diri sendiri juambreet!!! “baby slow down….!!!!!!”……dan Tuhan, terlihat buruk banget aku saat itu….hikss.
…..
…..
…..
Upfhh…selesai juga aku menyanyi….tuntaslah bebanku, perasaanku lega banget biarpun di 10 menit pertama setelah menyanyi masih gemeteran…..aku tarik napas panjang dan mengeluarkannya pelan-pelan, semakin berasa enak pas terdengar kalimat “Terimakasih sayang”,……heehehee….terimakasih buat apa neh???suara cemprengnya???? ihh guombuaaall (cieilee….) tapi nggak apalah, mendingan buat gembungin lagi kepalaku yang udah ciuuuut,,
Dan pembicaraan berlanjut yang berakhir pada jam setengah tiga malam wita, sumpah, nggak akan kulupain…untuk pertama kalinya ucapan “Happy B-Day” menjadi BIG DEAL dan sangat terlihat menyedihkan….hehh…poor me!!!!. can be concluded, there wasn’t a cold welcome from anyone but my self 😥

May 23, 2009

Endhas

by casualH.R.R.

Bukan sebel ato gimana ce, tapi bayangin aja kalo pas kamu lagi enak-enak jalan gitu trus orang ngomentarin fisik gitu, sama kaya aku kemaren kan, pas lagi follow up pasien di bangsal gitu, aku nglewatin seorang pasien yang lagi aneh, inisialnya FK,maklum abis ngejalanin HD (HemoDialisis) karna ureumnya yang sebelomnya tinggi jadinya kena tuh yang namanya sindroma ureum imbalance (cie…keren kan dengernya he he), ngomongnya kacau gitu pokoknya nyliwer dehh….oya tak terusin ceritanya…jadi aku pas jalan tuh nglewatin dia ngefollow up pasien disebelahnya dia…tiba tiba aja matanya melotot gitu liat aku dan langsung mo bangun seraya teriak “Napa dia Captikus Pe Kapala…!!!!!!!!!” yang artinya : Ini dia penutupnya botol captikus …(sebutan minuman keras untuk warga Manado) waduh sempet deg-deg an nih karna pikirku ntar dia langsung loncat dari kasur pasien trus ngeleg aku wuaaa (untung istrinya nahan)…tapi ngomong-ngomong biasanya kan kalo orang nggak sadar kalo uda ngomong tukan jujur…maksudnya dia ngomong tu berdasarkan apa yang saat itu dia liyat, waktu itu pas aku pake kudung item sih…jadi apa iya dia lagi liat botol raksasa bertuliskan captikus dengan penutup itam jalan jalan berkalungkan stetoskop???
aku cuek aja madia, cuma jalan lewat aja sana sini biarin dia nerocos, tapi lama lama sebel juga sih, karna abis itu dia panggil aku nenek…Maksudnya??????? huhhuhuhuhuu…..bener bener dzalim……

trus lagi…ngomong-ngomong soal endas…aku pernah dibilang sibayi ama dosenku anestesi dulu…pas lagi konsen ama materi yang dia jelasin tuh…kalo nggak salah tentang intubasi endotrakheal pada anak, aku lagi nyatet ama ngedengerin dengan kusuk, oo jadi anak tuh trakheanya kecil diameternya..trus kalo bayi tuh kepalanya lebih gede daripada badannya and kalo trakheanya da bengkak 0,5 mm aja tuh sama dengan setengah diameter bengkaknya org dew ato gimana lah ya…tiba tiba aja si dosen bilang…”kayak kepalanya adek itu…(sambil menunjuk kepalaku…) yang kalo duduk keliatannya orangnya tinggi besar tapi kalo bediri ternyata orangnya kecil (UanjRriiiittttt….!!!!) spontan aja seisi kelas perhatiannya fokus ke endasku hiks….

dan lagi…soal endas juga…kurang ajar banget tu ama temen ku loas yang namanya kak Rio…yang suka banget nyebut aku si manusia ber helm (gara-gara aku nggak di tilang pas numpang motornya alias pake kudung item) peyot punya peyot ..pantes aja dia seneng banget kalo aku numpang biar nggak bawa helm, usil, jar jar…kalo uda diruangan helm nya dilepas dong….katanya….

May 23, 2009

Hardiyanti

by casualH.R.R.

GEDUNG. KOS HARDIYANTI ADA 2 GEDUNG, GEDUNG 1 DAN GEDUNG 2 YANG MASING-MASING DIHUNI OLEH ANAK-ANAK KULIAHAN SEJUMLAH 20 JIWA. GEDUNG PERTAMA ADALAH GEDUNG DIMANA KAMAR-KAMARNYA TIDAK ADA KAMAR MANDI ( KAMAR MANDI DILUAR ), SEDANGKAN GEDUNG KEDUA KAMAR MANDINYA DIDALAM. GEDUNG PERTAMA LEBIH KECIL DARI GEDUNG KEDUA, KAMAR TAMU GEDUNG PERTAMA JUGA LEBIH KECIL DARI GEDUNG KEDUA. HAL INILAH YANG MENYEBABKAN HARGA KOS HARDIYANTI DIGEDUNG KEDUA LEBIH MAHAL DARI GEDUNG PERTAMA.

HARGA KOS. SETIAP TAHUN HARGA KOS SELALU NAIK. UNTUK GEDUNG PERTAMA WAKTU TAHUN 2003 HARGA KOSNYA ADALAH SEBESAR 150 RIBU RUPIAH, DITAHUN 2004 MENJADI 175 RUPIAH, TAHUN 2005 MENJADI 200 RUPIAH DAN TAHUN 2006 MENJADI 250 RUPIAH, TAHUN 2007 MENJADI 300 RUPIAH…TANPA UANG LISTRIK.
DI GEDUNG KOS HARDIYANTI YANG KEDUA HARGANYA SELISIH 100 RIBU. JADI DI TAHUN 2007 INI SATU KAMAR DIBAYAR 400 RIBU PERBULAN TANPA LISTRIK.
JAM MALAM ( JAM DIMANA PAGAR DITUTUP ADALAH JAM 10 MALAM ). TETAPI ITU BERBENTURAN DENGAN KEBIASAAN ANAK KOS YANG SERING PULANG SAMPAI TELAT, SEHINGGA TERPAKSA MEREKA NAIK PAGAR SUPAYA BISA MASUK TANPA KUNCI ( BAKAT MALING ).

BATAS. KESELURUHAN, KOS HARDIYANTI DI CAT IJO KARENA IBU KOS SUKA WARNA IJO. LANTAI UBIN, DINDING TEMBOK, PAGAR BESI. SEBELAH DEPAN KOS HARDIYANTI DIBATASI OLEH PERKEBUNAN KELAPA YANG SERING MEMAKAN KORBAN KARENA BUAHNYA SERING JATUH DAN MENGENAI KEPALA ANAK KOS YANG SEDANG MELEWATI LORONG, SEBELAH KANAN DIBATASI OLEH BENGKEL YANG SELALU BERISIK DENGAN TUKANG-BENGKEL YANG SERING MENGGODA ANAK KOS YANG SEDANG MENCUCI PAKAIAN ATAU MENJEMUR PAKAIAN, DISEBELAH KIRI ADA RUMAH TETANGGA YANG SEBELAHNYA LAGI ADA WARUNG BAPAK DAN IBU IMAM PENJUAL TINUTUAN ( BUBUR MANADO ), MIE CAKALANG, RANTANGAN DAN GORENGAN, DISEBELAH BELAKANG ADA RUMAH YANG TENTUNYA KAMI ANAK KOS TIDAK BISA MENJANGKAUNYA KARENA DINDING BELAKANG KOS KAMI YANG LUMAYAN TINGGI, PADAHAL ANAK PEMILIK RUMAH ITU SANGAT KEREN. TAPI YANG ESENSIAL DISINI ADALAH KOS KAMI DEKAT DENGAN MASJID. JALAN DILORONG KAMI AGAK MENANJAK. BILA TELAH MELEWATI KOS HARDIYANTI DAN TERUS KEATAS SEPANJANG KURANG LEBIH 10 METER AKAN DIJUMPAI MUSOLLA YANG SELALU DIKUNJUNGI OLEH BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, AKHWAT DAN TENTUNYA IKHWAN-IKHWAN YANG ‘EHM’ ;p

AIR DAN LISTRIK. SECARA KESELURUHAN, DIBANDINGKAN DENGAN KOS-KOS LAIN, KOS HARDIYANTI BISA DIBILANG PUNYA AIR YANG LANCAR. WALAUPUN SESEKALI AIRNYA MATI,BERCACING DAN BERBUSA, TAPI HAL INI SANGAT JARANG. AIR DI KOS HARDIYANTI BERSUMBER DARI AIR PAM DAN AIR SUMUR.
LISTRIK DIMANADO TIDAK STABIL ALIAS SERING PADAM DAN DIGILIR. JADI SEBAIKNYA KAMI MENYEDIAKAN LAMPU EMERJENSI SUPAYA KALAU BELAJAR TIDAK TERGANGGU KARENA MATI LAMPU. LISTRIK KAMI BAYAR SESUAI DENGAN PERALATAN ELEKTRONIK YANG KAMI PAKAI, BIASANYA DIBAYAR SEKALIAN DENGAN UANG KOS. KIPAS ANGIN KECIL SEHARGA 10 RIBU, KIPAS ANGIN BESAR SEHARGA 20 RIBU, TV SEHARGA 10 RIBU, DISPENSER 20 RIBU, TAPE 20 RIBU, MAGIC JAR 30 RIBU, KOMPUTER 30 RIBU, LAPTOP 10 RIBU, KULKAS 50 RIBU, AC 50 RIBU.

May 23, 2009

Sindroma vena kava inferior

by casualH.R.R.

Sindroma vena kava inferior (SVKI) merupakan dampak dari obstruksi vena kava inferior yang disebabkan oleh uterus yang membesar. Manifestasi klinis dapat bervariasi, di Amerika Serikat insidennya diperkirakan sekitar 5 – 10 kasus per 100.000 per tahun. Pada kehamilan penyebab dari SVKI adalah tekanan dari luar pembuluh darah vena kava inferior oleh uterus yang membesar sehingga menyebabkan terjadinya turbulensi yang mengganggu aliran darah. SVKI sering terjadi pada umur kehamilan trimester ketiga dimana uterus menekan vena kava inferior dibagian kanan. SVKI menimbulkan tanda-tanda dan gejala-gejala yang sangat bervariasi sehingga dapat menyulitkan diagnosis klinis. Tanda dan gejala tersebut antara lain :
Edema pada ekstrimitas bawah
Takikardia
Hipoksia dan distres pada janin yang terlihat pada CTG, distres janin akut dapat disebabkan oleh : hipoperfusi pada uteroplasenta sekunder karena hipotensi pada ibu, penekanan aorta (aliran darah arteri brakhialis normal) menyebabkan pengurangan aliran menuju arteri iliaka. Penekanan aorta terjadi pada level L4-L5.
Hipotensi sampai kehilangan kesadaran, umumnya manifestasi hipotensi umumnya terjadi setelah tiga sampai tujuh menit. Hipotensi lebih parah pada proses seksio sesarea. Penekanan oleh uterus berkurang dengan adanya kontraksi karena uterus lebih mengecil dan kurang menekan uterus.
Pusing dan sangat tidak nyaman.
SKVI sering terjadi bila ibu tidur dalam keadaan terlentang. SKVI dapat terjadi dimeja operasi selama pembedahan berlangsung. Hal ini merupakan alasan mengapa ibu hamil yang menjalani seksio sesarea ditidurkan dalam posisi miring untuk mencegah penekanan vena kava inferior oleh uterus. Tetapi pada kebanyakan ibu mekanisme kompensasi cukup untuk mempertahankan tekanan darah arterial.
Terdapat dua mekanisme kompensasi untuk mengurangi hipotensi yang terjadi karena perburukan aliran balik vena. Pertama, peningkatan tonus simpatis secara umum dan kedua, pleksus vertebra interna dan vena azigos dapat bertindak sebagai saluran kolateral untuk aliran balik darah dari tubuh bagian bawah (Leonie Watterson).
Ketika penekanan terjadi, darah terdorong menuju ke sistem vena azigos dan vena vertebra, sistem-sistem vena inilah yang membantu menyalurkan melindungi aliran balik darah dari tubuh bagian bawah. Kompensasi tersebut menyebabkan vena azigos dan vena vertebra melebar. Bila vena vertebra menjadi menegang karena peningkatan volume darah maka volume ruang subarakhnoid dan ruang epidural mengecil. Pengurangan volume pada ruang epidural dapat meningkatkan penyebaran larutan anestetik yang dimasukkan kedalam ruangan subarakhnoid dan epidural sehingga pada ibu hamil yang menjalani seksio sesarea dosis anestetik perlu dikurangi.

May 23, 2009

Riasan Yang Mengerikan

by casualH.R.R.

Kenapa banyak orang yang sibuk nyiapin wisuda?kenapa aku nggak? Temen-2 ku banyak yang dari jauh-2 hari da nyiapin kebaya, rok, mo make up dimana…pokoknya gusar abis deh, sedang aku baru tau kalo wisuda hari selasa aja pas 2 hari sebelumnya…itupun secara nggak sengaja pas temen-2 ku pada ngebicarain tentang salon.

Ama (anak ibu kos-ku) : “Pokoknya musti baguus!!! Kaya’ disalon XXX lho…ntar qita-qita keliatan lain abis dirias…bagus deh tuh salon!!!!…”
Anci : “ iya, kamunya mo nggak ikut kita jar…??? Ntar sapa tau dapet diskon kalo banyak orang yang pesen…”
Aku : ” dimana sih tuh salon??? Emang ngrias sendiri nggak bisa??”
Anci : “ampunn, ntar jadinya nggak bagus, kaya ondel-ondel…wisuda kan mo pake acara foto-foto jaar”
Aku : “berapa fee nya?”
Ama : “seratus lima puluh ribu, tapi kalo yang pesen banyak ntar mo dapet diskon, mungkin jadi seratus gituh”
Anci : “kebayamu???”
Aku : “itu juga masalahku, aku kemaren pinjem punyanya Nita, tapi ngepas banget, jadinya keliatan super seksi…hiiii”
Ama : “pake kebayaku ajah, aku punya lebih. Kemaren mama beliin kebaya emas, tapi terlalu rame, ada juga yang kubeli warna putih, terserah hajar mo pake yang mana.”
Aku :” nggak tau yah, soalnya yang punyanya Nita kan warna ungu, aku kebingungan cari jilbabnya, jilbabku musti segiempat coz aku lucu kalo pake yang langsungan, mukaku jadi keliatan lebih bulet…!!!”

Dan akhirnya aku jadi pinjem kebanyanya ama, tapi soal tuh salon aku nggak jadi barengan mereka, alasanku sih kemahalan, Cuma riasan sehari doank juga. Lagian aku nggak terlalu seneng nyambut wisuda, masalahnya ortuku nggak dateng, apanya coba yang istimewa???
Laste aku janjian ama Mona, temenku dari batak. Dia mo ngesalon dideket rumahnya, di Tuminting….memang demi bela-belain supaya dapet riasan murah (lumayan…!!!Cuma 25 rebu) tapi kelemahannya tu salonnya Mona jauh, musti ke Tuminting kan naek angkot 2 kali. Sedang wisudanya musti dateng jam 7an, kalo salonnya ama dan kawan-kawan kan Cuma deket, satu kali naek Cuma butuh waktu 5 menit. Tapi biar, demi sahur dan buka enak aku tumben-2 nan rajin-rajin mandi pagi, abis sahur dan subuh aku kemas-kemas nyiapin toga and the gank, nyetrika baju dan nunggu ampe jam setengah enam pergi ke Tuminting…jadi kaya’ transmigran abis ketiban bencana nasional gituh.
Sesi pertama aku naek angkot menuju ke pasar 45, emang tuh pagi sepi banget. Sempet nggak enak pula karena satu angkot dengan Ama, Anci dan Fitri…tapi who cares…aku tetep nggak ambil pusing. Sesampenya di pasar 45 aku kebingungan karena pintu gerbang jalan mo ke Jumbo Swalayan masih ditutup karena masih terlalu pagi, biasanya kan tuh pintu dibuka jam 8 nan gitu. Tapi aku dapet ilham untuk lewat jalan disampingnya, agak ngelorong gitu, tapi cukup safely kecuali pas uda keluar lorong…ada mas ojek girang yang panggil-panggil ”cewe…Assalamualaikum…naek ojek yuk”….aku pura-puranya nanya…mas, jalan ke tuminting, oto (mobil dalam bahasa Manado sekaligus Belanda) nya dari mana yah??. Tu Cowo bilang, …oh kesana (sambil nunjuk arah pertigaan) tapi masih sepi cewe, mending naek ojek aja ma mas, oto jam segini susah mo dicari….(dengan senyum-senyum nggak jelas)
Enak aja, dapet referensi dari mana tu ojek, semua temen bilang semakin pagi semakin enak naek oto, pertama, nggak panas, kedua, banyak oto yang mulai aktivitasnya pagi, ketiga, lebih cepet karena belom macet. Justru, naek ojek pagi-pagi hari itu yang warning, pertama, sepi…trus ceritanya Cuma 2 orang diatas motor dan aku yang dibonceng dan cowo yang nyetir….kedua, mukamu mas, cukup maniso (genit) cewe sehat manapun pasti berpikir 1000 kali buat naek ojekmu…yah, aku langsung cuek aja jalan ke pertigaan dan beneran, masih lumayan banyak mobil dan akhirnya aku nyampe ke restoran Monalisa (ntar dideketnya ada salon tujuan) dan dijemput ama temenku yang kebetulan namanya juga Monalisa J
Ampe sana aku dirias, keliatannya sih dua cewek perias (usianya mungkin 40an) berpengalaman, karena aku sempet tertarik dengan cara bikin sanggul manualnya, cukup telaten, abis ngrias Mona aku disusruh duduk. Pertama mukaku diratain pake fondation yang kupikir itu merk La Tulips…ternyata kayaknya enggak…soalnya kemasannya aneh dan baunya apek. Tapi biarlah, sapa tau aja itu merk laen (pikirku…mereka lebih berpengalaman). Terus, aku dikasi bedak dan alisku di rapikan pake pensil alis…dari sini perasaanku mulai nggak enak. Pasalnya hasil nya alis kanan dan kiriku jadi azygos…maksudnya nggak seimbang…yang kiri bentuknya kaya sperma dan yang kanan bentuknya kaya lipan…bercabang diujung dan sepanjang tepi nggak rata (LOH…KOK). tapi aku masih diem aja karena mungkin itu bukan hasil jadinya, sapa tau abis ini masih mo dirapiin lagi (tapi setelah kupantau nggak kunjung dirapiin,alias emang gitu resultnya L ) Abis nata alis terus hidung dibuat kesan mancung dengan ”menorehkan” (cie..) pensil alis ke pangkal hidung atas dengan garis vertikal…dan terulang satu keanehan lagi, bikinannya ini ibu Embem (sebutanku aja karena pipinya tembem) nggak simetris lagi, aduh biyung…jangan-jangan niy ibu strabismus kali (Astaghfirullah….pahala puasaku berkurang) tapi aku agak tenang pas dia rapiin lagi hidungku, dia hapus coretan awal dan MasyaAllah malah dia menggantinya dengan dua coretan yang lebih tebel (gedubrakkk) jadinya aku seperti PRIMATA………seebbeeel….:O
Trus parahnya lagi bibirku dibikin ngejreng banget, kesannya aku seperti mpok-mpok pengajian dikampung yang mo tour kekota. Aku trus bilang, ” Bu…agak cerah an ya lipstiknya,” . dia bilang iya-iya …tapi abis diapus lipstik awal abis itu diganti ama lipstik yang lebih merah lagi. Lha aku sebel dunk…puasa-puasa emang ada aja godaannya. Dengan lemah lembut aku ulang, Bu…jangan terlalu merah, yang cerah ajah…” tuh ibu kaya’ kebingungan, akupun bingung liat mukanya…untungnya si Mona nyaut, Bu…maksudnya agak lembut warnanya…” baru tu ibu ngeh. Dia ganti lagi warna lipstiknya yang menurutku tetep sama ama yang sebelumnya, pas kulirik ternyata persediaan lipstiknya emang Cuma dua ( weleh mak…salon murah apa yang kuarepin)
Penderitaanku belum berakhir karena masih ada pemerah pipi alias Blush-on. Setelah melihat contoh sebelumnya kali ini aku bisa nerka apa yang mo dia bikin. Dan beneran, aku dibikinnya kaya’ ondel-ondel Korea, udah merah masih lagi dipoles-poles sampe pipiku terkesan seperti hematom.
But, the last setelah kelar semua dan bayar 25 rebu with gregetan, aku ngikut kerumahnya Mona buat pake kebaya. Riasannya Mona nggak jauh beda denganku, hanya aja dia agak minimalis kecuali bibirnya yang merah menyala. Sepanjang jalan orang-orang pada ngliat, mungkin yang ada dipikiran mereka adalah ” salah jalan mbak, orang-orangan tempatnya bukan dijalan,…tapi disawah…!!! ” huaaaaaaa…aaaa
Untung dirumahnya Mona tersedia lipstik dan pensil alis punyanya kak Vesta (kakaknya Mona) yang lebih bagus, ya kami edit lagi lah hasil lukisan abstrak nya ibu Embem.

Walhasil sampe nya di Auditorium yang penuh sesak dengan wisudawan/wati aku mulai aksi foto-fotoan dengan temen-temen, dibanding dengan temen-temen laen, make-up kami memang lain. Tapi udah nggak usah dibahas lainnya itu kayak apa, udah bisa bayangin kan???